Pilkada Serentak /
Follow daktacom Like Like
Senin, 30/01/2017 09:30 WIB

Ini Tugas Pokok Pengawas TPS Saat Pilbup Bekasi Berlangsung

Ilustrasi Kotak Suara
Ilustrasi Kotak Suara
CIKARANG_DAKTACOM:  Divisi Pengawasan, Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Panwascam Tambun Selatan, Ardi Abdul K mengatakan, ada 2 tugas utama para pengawas TPS saat pemungutan suara berlangsung, yaitu mereka harus memastikan seluruh proses pemungutan dan penghitungan berlangsung sesuai dengan dengan aturan yang berlaku.
 
“Pengawas di TPS bisa mengidentifikasi mana pemilih yang sudah masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan mana yang tidak, misalnya ada pemilih yang sudah meninggal dunia atau berpindah domisili,” terang Ardi.
 
Disampaikan Ardi, ada yang perlu dipastikan para pengawas TPS pada saat surat undangan (form C6) yang dibawa pemilih ke TPS, harus sudah sesuai dengan data di DPT. Selain itu tugas utama kedua, kata Ardi, pengawas TPS harus bisa memastikan tidak ada lagi perbedaan data terutama terkait hasil Pilkada.
 
“Berita acara dan sertifikat yang dipegang oleh saksi dari setiap paslon dan PPS sampai di KPU kabupaten dan seterusnya harus sama jumlahnya. Bahkan, angka dan hurufnya harus sama,” ucapnya.
 
“Kalau nanti di kemudian hari, ketika proses rekap ada yang beda maka wajib kita pertanyakan kenapa bisa beda. Pengawas di TPS harus perhatikan hal tersebut,” tutupnya. 
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : Gobekasi
- Dilihat 554 Kali
Berita Terkait

0 Comments