Internasional / Amerika /
Follow daktacom Like Like
Senin, 30/01/2017 08:30 WIB

Trump Larang Pengunjung Muslim, KBRI: WNI Indonesia di AS Aman

donald trump
donald trump
WASHINGTON_DAKTACOM: WNI di Washington DC beraktiftas normal seperti biasa meski ada kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang menghentikan sementara program pengungsi ke AS dan melarang para pengunjung dari Suriah dan sejumlah negara mayoritas muslim lainnya. 
 
"Perlindungan WNI jadi prioritas, alhamdulillah semua aman, enggak ada teman-teman yang kena imbas karena Indonesia tidak jadi bagian dari 7 negara itu. Alhamdulillah semua aman," kata Sekretaris Kedua untuk Protokoler dan Konsuler KBRI Washington DC, Mukti Setianto, Senin (30/1).
 
Mukti menyampaikan WNI beraktivitas normal baik yang bekerja maupun sekolah. Fasilitas umum juga berjalan seperti biasa.
 
"Memang ada demo-demo di bandara. Tapi semuanya damai. So far buat kami perlindungan WNI priorotas utama," ujarnya.
 
Selain itu, lanjutnya, kontak dengan para WNI dan tokoh-tokoh masyarakat WNI yang ada di Washington juga rutin dilakukan. "Besok kami mau ketemu lagi, ramai, duduk bersama memastikan semua baik," ujarnya.
 
Saat ditanya ada tidaknya WNI membatalkan penerbangan ke AS akibat kebijakan tersebut, Mukti menjelaskan tidak larangan bagi WNI untuk melakukan perjalanan ke Amerika.
 
"Artinya selama dokumen perjalanan valid, paspor masih di atas 6 bulan, visa aktif dan lainnya, tidak ada masalah," ucapnya.
 
"Pokoknya jangan panik, yang penting ada dokumen perjalanan, jangan terlibat kriminal lah intinya," tuturnya.
 
Sebelumnya, Warga Negara Indonesia yang tinggal di Amerika Serikat diimbau untuk tetap tenang dalam menyikapi kebijakan tersebut. Imbauan itu disampaikan oleh KBRI di Washington DC yang dipublikasikan Sabtu (28/1) waktu setempat.
 
Dalam imbauannya, KBRI meminta WNI yang tinggal di Amerika Serikat untuk tetap tenang dan terus mencermati lingkungan sekitar.
 
"Diimbau kepada seluruh WNI yang bermukim di Amerika Serikat untuk tenang dan terus mencermati lingkungan sekitar," begitu imbauan KBRI Washington yang dikutip detikcom, Ahad (29/1). 
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : Detik.com
- Dilihat 363 Kali
Berita Terkait

0 Comments