Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 20/01/2017 13:30 WIB

Menpan RB: Masih Moratorium, Jangan Tertipu Rekrutmen CPNS

Menpan RB Asman Abnur
Menpan RB Asman Abnur
JAKARTA_DAKTACOM: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dan jangan sampai tertipu info palsu penerimaan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
 
Ia menegaskan bahwa saat ini pemerintah masih menerapkan moratorium sehingga belum ada penerimaan CPNS yang dibuka.
 
“Pemerintah sampai saat ini belum membuka formasi penerimaan calon pegawai negeri sipil. Moratorium CPNS masih diberlakukan,” kata Asman Kamis (19/1).
 
Hal ini disampaikan Asman menanggapi kasus penipuan penerimaan CPNS yang kembali marak terjadi.
 
Terakhir, penipuan mengatasnamakan pemerintah Jawa Barat terbongkar karena pelaku nekat mengumpulkan ratusan korban penipuannya di Gedung Sate, Bandung.
 
Korban menyetor puluhan juta rupiah dengan imbalan Surat Keputusan Pengangkatan PNS palsu.
 
Asman Abnur menekankan, apabila penerimaan formasi CPNS sudah ada, maka akan diumumkan secara nasional oleh Pemerintah melalui Kementerian PANRB.
 
Asman juga menegaskan bahwa dalam proses penerimaan formasi CPNS masyarakat tidak dipungut biaya.
 
“Saya tegaskan bahwa tidak ada pungutan uang bagi masyarakat yang mengikuti seleksi penerimaan CPNS, yang diperlukan adalah kualifikasi dan kompetensi dari pelamar CPNS tersebut untuk lulus dalam ujian seleksi,” kata Asman.
 
Karena itu, lanjut Menteri Asman, siapapun yang melakukan penipuan CPNS akan diproses secara hukum.
 
“Baik yang memberikan dan menerima uang sama-sama melanggar hukum, karena Pemerintah sudah menegaskan bahwa penerimaan CPNS bebas dari pungutan uang,” ujarnya.
 
Khusus untuk pelaku penipuan CPNS dari kalangan PNS, menurut Asman, akan dikenakan sanksi berat selain diproses secara hukum, yaitu pemecatan dari instansi kerjanya.
 
Asman menghimbau masyatakat untuk waspada terhadap penipuan CPNS serta dapat melakukan update mengenai penerimaan CPNS dengan mengakses website resmi Kementerian PANRB yaitu www.menpan.go.id.
 
Jika ditemukan indikasi penipuan CPNS, masyarakat dapat segera melaporkan kepada pihak berwenang atau melaporkannya ke situs lapor.go.id.
Editor :
Sumber : Kompas.com
- Dilihat 1329 Kali
Berita Terkait

0 Comments