Internasional / Asia /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 25/04/2015 10:17 WIB

Aktivis HAM Pakistan Tewas Ditembak

Aktivis HAM Pakistan Sabeen Mehmud
Aktivis HAM Pakistan Sabeen Mehmud

PAKISTAN-DAKTACOM: Seorang aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) terkemuka Pakistan tewas dalam penembakan di Karachi. Sabeen Mehmud ditembak mati saat ia berjalan pulang dengan ibunya, yang juga terkena serangan.

"Mehmud meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit. Dia ditembak lima kali," kata pernyataan di koran Dawn Pakistan, seperti dilansir BBC News, Sabtu (25/4). Dawn juga melaporkan, ibunda Mehmud dalam keadaan kritis.

Kejadian itu berlangsung setelah Mehmud melakukan diskusi tentang dugaan penyiksaan di provinsi Balochistan. Provinsi ini merupakan perbatasan Pakistan dengan Iran, dan menjadi tempat berjuang militan Taliban, separatis Balochistan, dan kelompok militan lainnya.

Mehmud pernah menjadi subyek ancaman pembunuhan sebelumnya. Dia adalah direktur badan amal The Second Floor, yang biasa dikenal sebagai T2F.

T2F teratur mengadakan seminar tentang isu-isu hak asasi manusia di kafe atau toko buku. Diskusi atau seminar yang dia selenggarakan selalu dipadati aktivis liberal Karachi dan mahasiswa.

Editor :
Sumber : Republika Online
- Dilihat 1128 Kali
Berita Terkait

0 Comments