Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 12/01/2017 13:30 WIB

Legislator: Kuota Haji Bertambah, Pemerintah Harus Lebih Siap

Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher
Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher
JAKARTA_DAKTACOM: Ketua Komisi 8 DPR, Ali Taher mendorong kesiapan pemerintah untuk pelaksanaan ibadah haji sejak jauh hari.
 
Menanggapi tentang penambahan kuota haji Indonesia menjadi 221.000 jamaah pada tahun ini, Ali mengungkapkan adanya resiko yang juga ikut bertambah.
 
"Ini patut disyukuri sebab dapat mengurangi antrean misalnya pengurusan visa yang kerap menjadi masalah klasik menjelang pemberangkatan jamaah. Makanya pengurusan visa haji harus didahulukan minimal 6 bulan agar tidak ada lagi kasus jamaah haji yang batal berangkat akibat visanya belum keluar," ujarnya pada Kamis (12/1).
 
Selain visa, Ali juga meminta pemerintah memikirkan bagaimana mengurangi antrean panjang jamaah terutama bagi mereka yang lanjut Usia.
 
"Yang perlu dipikirkan juga adalah bagaimana caranya para jamaah yang lanjut usia ini diutamakan berangkat terlebih dahulu. Tentunya dengan pertimbangan tertentu di masing-masing daerah kan berbeda-beda lama antriannya," ungkapnya.
 
Sebelumnya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengaku telah membujuk pemerintah Arab Saudi selama setahun terakhir agar sisa-sisa kuota haji yang tidak maksimal terserap negara-negara tertentu, dialihkan ke Indonesia.
 
Selama ini kuota haji Indonesia yang menampung 168.000 orang setiap tahun dinilai menyebabkan antrean panjang dan membuka celah bagi perjalanan haji ilegal.
Reporter : Boy Aditya
Editor : Azeza Ibrahim
- Dilihat 255 Kali
Berita Terkait

0 Comments