Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 09/01/2017 14:00 WIB

Bamsoet: Aparat Negara Harus Sigap Respon Hoax

Ilustrasi bambang soesatyo
Ilustrasi bambang soesatyo
JAKARTA_DAKTACOM: Ketua Komisi III DPR RI, Bambang Soesatyo mendorong aparatur negara untuk responsif dalam menangkal informasi hoax. 
 
"Untuk mengatasi lemahnya manajemen komunikasi pemerintah, sudah waktunya bagi Presiden Joko Widodo perlu untuk mendorong atau mewajibkan semua kementerian dan lembaga negara, para Gubernur, Bupati dan Walikota untuk lebih sigap merespons hoax atau berita bohong.  Kekacauan bisa ditangkal dan tertib umum akan terjaga jika aparatur pemerintah pusat dan daerah sigap meluruskan berita bohong," paparnya pada Senin (9/1).
 
Bambang menyatakan efektivitas fungsi ke-Humas-an (Hubungan masyarakat) dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) pada semua Kementerian, kantor gubernur, bupati dan walikota harus segera ditingkatkan. 
 
"Saat ini, puluhan berita bohong dan informasi palsu beredar setiap detiknya  melalui sarana media sosial (Medsos). Berita yang benar dan akurat bercampur dengan hoax atau gosip, dan menyebar dengan sangat cepat dan tak terkendali. Perkembangannya sudah sangat memprihatinkan, karena beroptensi menyesatkan pengertian atau pemahaman masyarakat terhadap ragam persoalan yang menjadi perhatian publik. Bahkan,  bisa memicu konflik horizontal," katanya.
 
Menurut Bambang langkah paling efektif dalam menangkal berita hoax adalah dengan meresponsnya dan melakukan klarifikasi terhadap berita tersebut. 
 
"Karena terkait erat dengan hak publik memanfaatkan Medsos, penyebaran hoax menjadi sulit ditangkal. Membentuk sebuah institusi untuk mencegah atau menangkal hoax tidaklah fisibel.  Satu-satunya langkah yang cukup efektif menangkal hoax adalah kesigapan merespons berita bohong itu dengan menyebarluaskan berita yang benar dan informasi yang akurat," pungkasnya.
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1306 Kali
Berita Terkait

0 Comments