Nasional / Ekonomi /
Follow daktacom Like Like
Senin, 09/01/2017 13:30 WIB

Pengamat: Ada Oknum yang Permainkan Harga Cabai

Ilustrasi Cabai Merah
Ilustrasi Cabai Merah
JAKARTA_DAKTACOM: Pengamat Pertanian, Khudori menduga adanya oknum yang mempermainkan harga dalam distribusi hasil pertanian.
 
"Jika menurut data dari Kementan sesungguhnya hasil produksi cabai di sepanjang tahun 2016 justru mengalami surplus yang cukup besar. Makanya saya heran dengan fenomena kenaikan harga cabai hingga 3-4 kali lipat ini karena semestinya pasokannya sudah mencukupi kebutuhan masyarakat," ujarnya pada Senin (9/1).
 
Maka dari itu ia menduga adanya sejumlah oknum yang memanfaatkan hal ini untuk mengeruk keuntungan besar dengan menahan pasokan cabai sehingga langka di pasaran.
 
"Jika merunut pada dua faktor penentu harga yakni supply and demand nampaknya sudah berlaku lagi. Di saat supply naik, ini kok harga juga jadi ikut-ikutan naik? Nampaknya memang ada pihak-pihak yang memanfaatkan situasi ini," bebernya.
 
Harga cabai merah semakin meroket di sejumlah daerah bahkan besarannya hingga 3-4 kali lipat dibandingkan harga sebelumnya. Saat ini di sejumlah pasar tradisional rata-rata harga cabai merah berada pada kisaran Rp 120 - 200 ribu/kg, hal ini meningkat sangat drastis apabila dibandingkan sebelumnya yang hanya berkisar Rp 30-50 ribu/kg.
 
Akibat kenaikan harga cabai yang semakin melonjak drastis ini pemerintah diharapkan mampu mengatasi hal tersebut dengan melakukan intervensi pasar agar harganya kembali normal.
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1608 Kali
Berita Terkait

0 Comments