Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 06/01/2017 08:30 WIB

LPMQ Buat Film Pendek Tentang Kemukjizatan Al Quran

Ilustrasi Kaum Ibu Membaca Al Quran
Ilustrasi Kaum Ibu Membaca Al Quran
JAKARTA_DAKTACOM: Lajnah Pentashihan Mushaf Al Quran (LPMQ) akan kembali membuat film-film pendek tentang kemukjizatan Al-Quran. Pgs Kepala LPMQ, Muchlis M Hanafi mengatakan bahwa program ini sudah memasuki tahun kedua.
 
"Pembuatan film pendek terkait kemukjizatan Al-Quran sudah kita mulai pada tahun 2016. Alhamdulillah LPMQ telah memproduksi satu film serial hewan dengan judul Lebah dalam Perspektif Al-Quran dan Sains," terang Muchlis di Jakarta, Kamis (5/1).
 
Untuk tahun 2017, lanjut Muchlis, LPMQ rencananya akan kembali memproduksi 3 judul film lagi. Ketiga judul film ini disarikan dari buku-buku hasil kajian yang sudah diterbitkan oleh LPMQ. Selain itu akan dibuat film-film dokumenter sejarah umat-umat terdahulu dalam perspektif Al-Quran dan Sains dari beberapa lokasi di Timur-Tengah.
 
Muchlis mengatakan, buku dan film sejenis yang mengangkat tema-tema saintifik dengan pendekatan Al-Quran dan Sains boleh jadi sudah diproduksi beberapa kalangan, terutama dari luar negeri. Namun, kelebihan produk LPMQ adalah film tersebut diangkat dari buku-buku tafsir yang disusun para pakar Al-Quran dan sains, hasil kerjasama Kementerian Agama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).
 
Sejak tahun 2008, LPMQ secara rutin dan berkala telah menerbitkan buku-buku kajian tentang Al-Quran. Hasil kajian itu menurut Muchlis kemudian diterbitkan dalam buku Tafsir Tematik dan Tafsir Ilmi.
 
Tafsir Tematik berisi tentang kajian tafsir Al-Quran yang terkait dengan tema sosial, ekonomi, dan politik. Sampai dengan tahun 2016, sudah ada 26 judul Tafsir Tematik yang telah diterbitkan LPMQ, antara lain: 1) Hubungan antar umat beragama; 2) Membangun Keluarga Harmonis; 3) Komunikasi dan Informasi; 4) Spiritualitas dan Akhlak; 5) Kerja dan Ketenagakerjaan; 6) Pendidikan, Pembangunan Karakter, dan Pengembangan SDM; dan 7) Hukum, Keadilan dan HAM.
 
Sedangkan buku Tafsir Ilmi berisi tentang hasil kajian Al-Quran yang terkait dengan tema sains. LPMQ sudah menerbitkan 16 judul buku Tafsir Ilmi sampai dengan tahun 2015, antara lain: 1) Penciptaan Jagat Raya dalam Perspektif Al-Quran dan Sains; 2) Penciptaan Bumi dalam Perspektif Al-Quran dan Sains; 3) Penciptaan Manusia dalam Perspektif Al-Quran dan Sains; 4) Air dalam Perspektif Al Quran dan Sains; 5) Tumbuhan dalam Perspektif Al Quran dan Sains; dan 6) Kiamat dalam Perspektif Al-Quran dan Sains.
 
"Untuk tahun 2016, LPMQ kembali menerbitkan 3 judul baru Tafsir Ilmi, yaitu: cahaya, gunung, dan fenomena kejiwaan dalam perspektif Al-Quran dan Sains. Adapun Tafsir Tematik pada tahun ini dilakukan proses pemerjemahan ke Bahasa Arab dan Inggris, masing-masing dua judul," tambahnya.
 
Muchlis menilai perlu pengembangan hasil kajian yang telah terbit dalam bentuk buku. Salah satu terobosan yang dilakukan adalah dengan membuat film-film pendek atau animasi. "Kita sebut program ini sebagai pengembangan hasil kajian Al-Quran dalam bentuk multi media. Kita menyadari sebagian besar masyarakat bukan pembaca. Film itu nanti akan ditayangkan bagi pengunjung Bayt Al-Quran, dan dapat diakses masyarakat luas," ujarnya. 
Editor :
Sumber : Kemenag.go.id
- Dilihat 1835 Kali
Berita Terkait

0 Comments