Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 04/01/2017 12:00 WIB

2017, Kemenag Siapkan 6 Madrasah Kejuruan

Direktur Pendidikan Madrasah Kementerian Agama M Nur Kholis Setiawan
Direktur Pendidikan Madrasah Kementerian Agama M Nur Kholis Setiawan
JAKARTA_DAKTACOM: Dalam beberapa tahun terakhir, Kementerian Agama terus menggalakkan program diversifikasi madrasah aliyah. Selain madrasah aliyah negeri (MAN) reguler, Kemenag juga membuka MAN Insan Cendekia yang fokus pada kajian akademik.
 
Pada tahun 2017, Kementerian Agama akan membangun piloting MAN Kejuruan di enam lokasi. Direktur Pendidikan Madrasah M. Nur Kholis Setiawan mengatakan bahwa piloting 6 MAN Kejuruan ini menjadi bagian dari proses transformasi madrasah aliyah yang sampai saat ini memiliki program ketrampilan.
 
Data Direktorat Pendidikan Madrasah menunjukan bahwa hingga saat ini ada 234 MA Negeri dan Swasta yang mempunyai program keterampilan. M. Nur Kholis mengatakan bahwa ke depan, secara bertahap Kemenag akan menghadirkan MAN Kejuruan. Sebagai langkah awal, pembangunan piloting dilakukan di 6 lokasi mulai tahun ini.
 
"Pembangunan piloting MAN Kejuruan di 6 titik, yaitu: Atambua (NTT), Bolaang Mongondow (Sulut), Seram Bagian Timur (Maluku), Samarinda (Kaltim), Bintuhan (Bengkulu), dan Rokan Hulu (Riau)," kata M. Nur Kholis Setiawan di Jakarta, Rabu (4/1).
 
"Fokus kejuruan yang dibuka didasarkan pada potensi ekonomi lokal di mana madrasah itu berada. Perikanan dan kelautan untuk Sulut dan Maluku, misalnya. Adapun untuk Riau, teknologi pertanian dan perkebunan," tambahnya.
 
Kurikulum MAN Kejuruan, kata guru besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini,nantinya disesuaikan dengan jurusan yang akan dibuka dengan struktur kurikulum mirip dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Namun demikian, penguatan keagamaannya tetap ada dan itu yang menjadi pembeda.
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : Kemenag.go.id
- Dilihat 866 Kali
Berita Terkait

0 Comments