Nasional / Lingkungan Hidup /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 04/01/2017 09:30 WIB

Cuaca Jabodetabek Tidak Menentu, Ini Penjelasan BMKG

ilustrasi hujan
ilustrasi hujan
JAKARTA_DAKTACOM: Beberapa hari terakhir, cuaca di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya tidak menentu. Kadang hawa terasa panas dan pengap, namun cuaca mendung. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan kondisi tersebut memang kerap terjadi di musim hujan. 
 
"Ya kalau secara umum untuk bulan saat ini dari November, Desember, Januari, hingga awal Februari ini kita masih dalam masa musim penghujan. Namun demikian, meski musim hujan, tidak berarti hujan turun setiap hari," kata Deputi Bidang Klimatologi BMKG Mulyono Rahadi Prabowo, Rabu (4/1).
 
Pada musim hujan, dikatakan Mulyono, ada fluktuasi harian sehingga pada saat tertentu hujan menjadi aktif. Tapi ada juga waktu saat hujan menjadi kurang aktif.
 
"Kadang kita sebut sebagai semacam trik istirahat, jadi beberapa hari tapi tidak hujan, bahkan kecenderungan panas kemudian muncul hujan dengan kondisi lumayan deras," ujarnya.
 
Meski fluktuatif, kondisi seperti ini tetap bisa diprediksi oleh BMKG. Contohnya adalah pagi ini di Jakarta.
 
Meski sejak pukul 05.00 WIB Jakarta bagian selatan diguyur hujan cukup deras, belum tentu di bagian Jakarta lain mengalami hujan.
 
"Jadi, karena kondisi hujan seperti ini kadang sifatnya tidak merata, pada pagi hari sebelah selatan berpotensi hujan deras tapi bagian utara potensi hujan ringan," ungkapnya.
 
Mulyono menyampaikan siang ini Jakarta bagian selatan berpotensi hujan hingga sore hari dengan skala sedang, kemudian bagian utara berpotensi hujan dengan skala ringan.
 
Hal ini disebabkan adanya aliran konvergensi, yaitu pertemuan aliran yang membawa uap air dari angin barat dan angin timur Indonesia yang bercampur menjadi satu, dan akhirnya menimbulkan pertumbuhan awan.
 
"Nah kondisi ini beberapa hari tidak hujan, tapi sebetulnya ada semacam pengumpulan energi karena beberapa hari tidak hujan, sementara potensi uap air yang ada, ketika potensi pertumbuhan awan, cukup bisa turun hujan bisa skala hujan yang lebat," terangnya.
 
Untuk Jabodetabek sendiri, dia mengatakan akan ada potensi hujan lebat hingga sore nanti.
 
"Bagian selatan Jabodetabek bisa sampai sore menjelang malam hari ada potensi hujan," tambahnya. 
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : Detik.com
- Dilihat 644 Kali
Berita Terkait

0 Comments