Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 22/12/2016 08:30 WIB

Polrestro Bekasi Masih Kekurangan Personel

Ilustrasi polisi mengamankan suasana
Ilustrasi polisi mengamankan suasana
CIKARANG_DAKTACOM: Polrestro Bekasi mengatakan jumlah personelnya masih jauh dari angka ideal dalam rangka memberikan pelayanan dan pengamanan kepada masyarakat Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.
 
Saat ini, jumlah personel Polrestro Bekasi sekitar 1.700 personel dengan populasi masyarakat mencapai 3,4 juta jiwa. Dengan begitu, rasio perbandingan adalah 1:2.045. Artinya, satu personel kepolisian melayani 2.045 warga. Padahal angka ideal yang semestinya dipenuhi adalah 1:500.
 
Kapolrestro Bekasi, Kombes Pol Asep Adisaputra, mengatakan, meski jauh dari rasio ideal, sebagai anggota Bhayangkara harus paham dan mengetahui serta mendukung kebijakan dan arahan pimpinan.
 
"Kita sadar bahwa pelayanan dalam Kamtibmas kepada masyarakat masih banyak ditemukan kekurangan, karena di satu sisi belum memenuhi angka ideal jumlah personel kepolisian kerena menurut data Polri, rasio perbandingan adalah 1:2.045. Artinya, satu anggota Polri harus melayani sebanyak 2.045 orang," ujar Asep Adisaputra, Rabu (21/12).
 
Dia mengatakan, dengan rasio tersebut tersebut tidak akan sempurna dalam memberikan pelayanan publik karena angka yang idealnya menurut data PBB yaitu 1:500. "Rasio yang ideal adalah 1:500. Artinya, satu anggota Polri harus melayani sekitar 500 orang. Dan angka ideal ini baru tercapai di jajaran Kepolisian Denpasar, Bali," ucapnya.
 
Selain itu, jajaran Polrestro Bekasi kembali diingatkan untuk bersikap netral dalam pelaksanaan tahapan Pilkada Kabupaten Bekasi. Jangan sampai personel Polrestro Bekasi ikut dalam berkampanye untuk mendukung salah satu pasangan calon.
 
"Saat ini, kita sedang menjalankan proses pesta demokrasi yang cukup panjang yaitu pemilihan calon kepala daerah. Sebagai aparat negara kita harus bersikap netral jangan sampai terjerumus dalam situasi politik praktis apalagi ikut dalam berkampanye untuk mendukung salah satu paslon," ucapnya.
 
Asep Adisaputra yang terbilang baru di pucuk pimpinan Polrestro Bekasi, memberikan arahan kepada seluruh personelnya dalam menjalankan kinerja dan aktivitas, baik pada jam dinas maupun di luar jam dinas.
 
Kapolres juga mengajak kepada seluruh anggotanya untuk senantiasa berpola hidup sederhana, berprilaku sopan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik.
 
"Anggota Bhabinkamtibmas menjadi ring pertama dan harus mampu menyelesaikan masalah dan anggota Bhabinkamtibmas juga harus bisa menguasai hukum dan aturan yang berlaku karena apabila ada masyarakat yang bertanya dan bisa membantu menyelesaikannya," pungkasnya.
Editor :
Sumber : Beritasatu.com
- Dilihat 1477 Kali
Berita Terkait

0 Comments