Nasional / Hukum dan Kriminal /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 14/12/2016 07:30 WIB

Pemprov Jatim Buru 150 WN China yang Over Stay

Saifullah Yusuf Wagub Jatim
Saifullah Yusuf Wagub Jatim
SURABAYA_DAKTACOM: Wakil Gubernur Jawa Timur (Wagub Jatim) Saifullah Yusuf alias Gus Ipul menyebut ada setidaknya 150 warga negara (WN) China di Jawa Timur yang diduga over stay. Gus Ipul menyebut para WN China itu dicari karena diduga melanggar izin karena masa berlaku visa liburannya sudah hangus.
 
"Menurut data dari keimigrasian, ada sekitar 150 sampai 200 orang warga negara China masuk ke Surabaya menggunakan visa kunjungan wisata," kata Gus Ipul kepada wartawan di Surabaya, Selasa (13/12).
 
Gus Ipul menyebut tim pengawasan orang asing (tim pora) Jawa Timur terus menyelidiki keberadaan warga negara China yang masuk ke Jawa Timur melalui Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, tersebut.
 
Gul Ipul mengaku mendapat informasi tersebut saat dua minggu lalu mengadakan rapat dengan Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Timur. Dari rapat tersebut, didapat informasi bahwa sekitar 150-200 orang warga negara China yang masuk melalui Bandara Internasional Juanda.
 
"Jumlah itu yang lewat Juanda. Kalau masuk ke Surabaya melalui kereta api dari Jakarta belum diketahui. Yang bisa diketahui kan melalui bandar udara," tuturnya.
 
Dari data keimigrasian, Gus Ipul mengatakan tren pelanggaran keimigrasian warga negara asing pada tahun ini mengalami signifikan dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya mencapai sekitar 15-20 orang. Mereka sudah dideportasi dan 2 di antaranya berurusan dengan hukum. Sedangkan tahun ini yang diduga melanggar keimigrasian sekitar 150-200 orang.
 
"Mereka masuk lewat Juanda ini sekarang tidak diketahui keberadaannya. Mereka sudah over stay. Itu kan pelanggaran keimigrasian," ucapnya.
 
"Tim sedang berjalan melakukan pengawasan dan pencarian. Kita tidak tahu sedang di mana mereka ini," ujar Gus Ipul. 
Editor :
Sumber : Detik.com
- Dilihat 1985 Kali
Berita Terkait

0 Comments