Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 30/11/2016 16:00 WIB
Aksi Bela Islam 212

Kapolri Izinkan Bus Ikut 212, Polda dan Polres Tetap Melarang

GNPF MUI Kota Bogor
GNPF MUI Kota Bogor
PACITAN_DAKTACOM: Meski Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Tito Karnavian sudah berjanji tidak melarang operator bus untuk mengangkut peserta Aksi Bela Umat III ke Jakarta, namun di berbagai daerah gelagat blokade masih sangat terasa.
 
Dari Lamongan Jawa Timur,  Selasa (29/11) pihak Polres menemui perwakilan aktivis Islam di daerah Paciran. 
 
Sumber Islamic News Agency (INA) melaporkan diantara hasil rapat itu, Kapolres meminta agar armada yang berangkat tidak lebih dari dua bus saja. 
 
“Semula kami hendak berangkat dengan 10 armada bus. Lalu kita pangkas menjadi hanya 3 buah. Kemarin masih disoal lagi,” ujar Ustad Sumarno, Ketua Gerakan Amar Makruf Nahi Mungkar Lamongan (GAMAN) kepada jaringan berita yang diinisiasi Jurnalis Islam Bersatu (JITU) ini. 
 
“Tolong Pak Ustadz dikurangi lagi untuk yang berangkat ke sana,” kata Sumarno menirukan Kapolres. 
 
Namun, ia menegaskan,  jika dikurangi lagi yang berangkat ke sana, jelas tidak bisa lagi.
 
Sementara di Ngawi tepatnya perbatasan Jatim-Jateng,  Selasa malam (29/11) marak razia bus. Razia terutama memberhentikan bus pariwisata. Salah satunya,  rombongan sebuah perusahaan asal Solo yang hendak pulang setelah berwisata di Jawa Timur.
 
Dari Semarang dilaporkan, Polisi secara tegas melarang semua pengusaha jasa transportasi menyewakan bus atau kendaraan angkut lainnya dengan tujuan Jakarta.  
 
“Kami dengan tegas melarang dan meminta kepada pengusaha transportasi baik yang hadir atau tidak, untuk tidak menyewakan alat transportasinya dengan tujuan Jakarta apa pun alasannya,” ungkap Direktur Lalu Lintas Polda Jateng, Kombes Herukoco di hadapan 349 pengusaha jasa transportasi di Aula Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pemprov Jateng,  dikutip malan Merdeka Selasa (29/11).
 
Sedangkan dari Tasikmalaya dilaporkan,  Ketua Al-Mumtaz,  gabungan ormas Islam se-Tasikmalaya, Ustad Hilmi mengaku kesulitan mencari armada untuk berangkat pada 2 Desember besok. 
 
"Butuh 15 bus,  tapi tidak ada yang berani jalan. Alasan  mereka karena dulu larangan dari Polri tertulis, pencabutan juga harus tertulis," tuturnya.
 
Padahal, menurutnya, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian sudah menyataan akan mengeluarkan instruksi ke Polda-Polda se-Indonesia, agar tidak melarang perusahaan transpostasi untuk mengangkut peserta Aksi Super Damai Jumat 2 Desember 2016. 
 
Kapolri mengatakan, siapa pun boleh ikut dalam aksi di Jakarta, selama tidak melakukan tindakan-tindakan anarkistis.
 
"Besok saya akan melakukan video conference dan tentunya meminta seluruh jajaran agar PO (perusahaan otobus), perusahaan transportasi dapat mengangkut saudara-saudara kita," ujar Tito, Senin (28/11).
Editor :
Sumber : Rilis JITU Islamic News Agency
- Dilihat 1394 Kali
Berita Terkait

0 Comments