Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 22/04/2015 11:44 WIB

Presiden RI: Desak Reformasi PBB

Pembukaan Konferensi Asia Afrika di JCC Jakarta Rabu  22 April 2015
Pembukaan Konferensi Asia Afrika di JCC Jakarta Rabu 22 April 2015

JAKATA_DAKTACOM: Presiden Jokowi mengecam PBB, yang sangat lemah jika berhadapan dengan negara negara yang kaya dan mempu mengubah dunia dengan kekuatannya.

"Ketika ada sekelompok negara kaya merasa mampu mengubah dunia dengan kekuatannya, maka ketidak-seimbangan global jelas membawa sengsara. Dan semakin kentara ketika PBB tidak berdaya." kata Presiden Joko Widodo, dalam pidato pembukaan Konferensi Asia Afrika (KAA) di JCC Jakarta, Rabu (22/4/15).

Jokowi juga mengkritik penggunaan kekuatan tanpa mandat PBB seperti yang kita saksikan, telah menafikan keberadaan badan dunia yang kita miliki bersama itu.

"Oleh karena itu kita bangsa Asia Afrika mendesak reformasi PBB agar berfungsi secara optimal sebagai badan dunia yang mengutamakan keadilan bagi kita semua, bagi semua bangsa."

Pidato presiden Jokowi ini juga memunculkan sejumlah kalimat yang kurang lazim untuk suatu pidato resmi. Seperti "ketidak-seimbangan global jelas membawa sengsara," tadi. Juga antara lain kalimat berikutnya, "Bagi saya ketidak adilan global semakin menyesak dada."

KAA akan berlangsung hingga 23 April di Jakarta, dilanjutkan dengan acara puncak peringatan 60 tahun KAA di Bandung, pada 24 April 2015.

Editor :
Sumber : Ulil Albab
- Dilihat 2069 Kali
Berita Terkait

0 Comments