Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 21/04/2015 17:23 WIB

126 Perempuan Deteksi Kanker Serviks

Ilustrasi Penyuluhan Kanker Serviks 1
Ilustrasi Penyuluhan Kanker Serviks 1
YOGYAKARTA_DAKTACOM: Selain memperingati hari Kartini, 126 perempuan beramai-ramai mendatangi acara Pencanangan Gerakan Nasional Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker, pada Perempuan di Kulon Progo, Yogyakarta, Selasa (21/04/2015). 
 
Sebelum itu, mereka mendengarkan penyuluhan tentang pentingnya perempuan melakukan tes IVA untuk mencegah kanker serviks.
 
Para perempuan yang antusias ini mendapat banyak informasi tentang apa itu tes IVA dan pencegahan kanker serviks oleh dokter Octavianus Wahyu, SpOG dari RSUD Wates. 
 
"Jadi tes IVA itu perlu dilakukan oleh perempuan yang sudah menikah atau sudah berhubungan seksual ya. Ini penting untuk mencegah dan mendeteksi dini kanker serviks," ujar dokter Octavianus.
 
Dokter Octavianus menjelaskan dengan cara yang menyenangkan sehingga sering terdengar gelak tawa para peserta. Informasi ini pun membuat antusias para perempuan yang sebagian besar dari Nanggulan.
 
Salah satu peserta yang mengikuti acara tersebut Tatik (38) asal Nanggulan mengatakan, bahwa ia belum tahu IVA sebelumnya, tapi sekarang jadi tahu bahwa tes IVA dilakukan setiap enam bulan sekalii.
 
Pencegahan kanker serviks  dengan tes IVA menjadi langkah penting bagi setiap wanita. Karena itu jangan tunggu terlalu lama ya. Makin dini periksakan diri, makin baik.
Editor :
Sumber : LIPUTAN6
- Dilihat 1181 Kali
Berita Terkait

0 Comments