Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 27/10/2016 13:30 WIB

DPPK Kabupaten Bekasi Antisipasi Penebangan Mangrove

Hutan Mangrove Muara Gembong Bekasi
Hutan Mangrove Muara Gembong Bekasi
CIKARANG_DAKTACOM: Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (DPPK) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat bersama pemerintah pusat melakukan antisipasi penyusutan hutan mangrove.
 
"Dalam antisipasi ini juga meminta kepada perusahaan agar menambahkan program CSR guna melakukan penanaman kembali hutan mangrove," kata Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Bekasi, Abdullah Karim di Kabupaten Bekasi, Kamis (27/10).
 
Menurut dia salah satu penyebabnya adalah penebangan liar hutan mangrove ini dilakukan oleh oknum tidak bertanggungjawab.
 
Untuk itu guna melakukan penanaman kembali telah dialokasikan Rp200 Juta yang akan dibelikan bibit mangrove dan ditanam pada beberapa titik pantai.
 
Pada 2017 pengelolaan hutan mangrove diambil alih pemerintah provinsi. Sehingga pada tahun depan, tanggung jawab dan anggaran untuk hutan mangrove langsung ditangani Pemerintah Provinsi Jawa Barat.
 
Ia menambahkan pada tahun ini penyusutan penebangan hutan mangrove sudah mengalami penyusutan lahan. 
 
Ini dikarenakan tingkat kesadaran masyarakat belum mengetahui fungsi dan tujuannya dalam pelestarian mangrove.
 
Selain itu dalam peralihan pengelolaan hutan ini dimaksudkan agar lebih mendapat perhatian dari pemerintah provinsi.
 
Guna meneruskan pengelolaan ini maka akan dilakukan sosialiasi kegunaan mangrove bagi masyarakat setempat. Diantaranya untuk peningkatan kesejahteraan.
 
"Peningkatan itu nantinya akan diwujudkan melalui program CSR dari perusahaan yang disetujui oleh pemerintah pusat dan provinsi," katanya.
 
Lanjut Karim menjelaskan dalam rangka menyelesaikan permasalahan pesisir pantai ini sudah langsung terhubung dengan pemerintah provinsi setempat guna melakukan perombakan.
 
Dan juga akan lebih mendapatkan perhatian ke masyarakat dan pemeliharaan hutan itu sendiri.
Editor :
Sumber : Antaranews
- Dilihat 1706 Kali
Berita Terkait

0 Comments