Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 26/10/2016 16:00 WIB

Pemkot Bekasi Bongkar 147 Bangli di Pekayon

pembongkaran bangunan liar
pembongkaran bangunan liar
BEKASI_DAKTACOM: Sebanyak 174 bangunan permanen yang berdiri liar di lingkungan rumah dinas Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Kelurahan Pekayon Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, dihancurkan secara paksa oleh aparat gabungan, Rabu (26/10) siang.
 
"Totalnya ada 174 bangunan liar yang terbagi di dua lokasi yakni RW01 dan RW22. Bangunan ini kita tertibkan berkaitan dengan proyek pelebaran jalan dan normalisasi saluran air," kata Kepala Seksi Pembongkaran Dinas Tata Kota Bekasi Bilang Nauli Harahap di Bekasi.
 
Pantauan di lokasi menggambarkan, bangunan liar itu dihancurkan menggunakan satu unit alat berat jenis `backhoe` karena berdiri di atas lahan milik Perum Otoritas Jasa Tirta II.
 
Bangunan liar itu seluruhnya berada di lingkungan rumah dinas Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Perumahan Pondok Pekayon Indah, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan.
 
Bangunan permanen di sepanjang sisi Jalan Irigasi itu ada yang berupa rumah, pagar sekolah dasar negeri, kontrakan, hingga sejumlah tempat usaha.
 
Proses pembongkaran oleh 250 aparat gabungan dari kepolisian, Kodim 0507, petugas Satpol PP dan kelurahan serta kecematan setempat berjalan kondusif dengan disaksikan para penghuninya.
 
"Pembongkaran ini sudah melalui tahapan pemberitahuan sebanyak tiga kali dan seluruh penghuninya mau menerima karena menyadari posisi bangunan mereka melangar aturan," katanya.
 
Bilang mengemukakan, pembongkaran bangunan liar itu ditujukan untuk mendukung proyek infrastruktur pelebaran jalan dari saat ini satu lajur selebar empat meter menjadi tujuh meter dan terdiri atas dua lajur.
 
"Pada bagian tengah jalan ini akan dibuat saluran air untuk antisipasi banjir di lingkungan sekitarnya," katanya.
 
Menurut Bilang, Jalan Irigasi nantinya akan dijadikan sebagai akses alternatif kendaraan bila di Jalan Raya Pekayon terjadi kemacetan.
 
"Jalan ini akan menjadi alternatif karena Pekayon saat ini ada sejumlah titik macet," katanya.
 
Proyek pelebaran Jalan Irigasi ini rencananya akan dilakukan mulai 2017 oleh Dinas Bina Marga dan Tata Air Kota Bekasi.
Reporter : Warso Sunaryo
Editor :
- Dilihat 1195 Kali
Berita Terkait

0 Comments