Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 26/10/2016 15:00 WIB

DPR: Prioritaskan Pembebasan Lahan Proyek Infrastruktur

Proyek Becakayu   Copy
Proyek Becakayu Copy
JAKARTA_DAKTACOM: Anggota Komisi V, Nizar Zahro menyarankan agar pemerintah mengubah pola pembangunan infrastruktur agar lebih cepat terealisasikan.
 
"Sebagai contoh dalam setiap rencana infrastruktur, pemerintah selalu menempatkan pembebasan lahan di tahap akhir sehingga akan sulit untuk menemukan kesepakatan dengan warga. Harusnya justru diawali dengan pembebasan lahan, lalu perencanaan, kemudian barulah tahap pembangunan," paparnya pada Rabu (26/10).
 
Nizar juga meminta pemerintah dalam setiap program pembangunan infrastruktur tidak mengabaikan nasib warga yang menempati lahan tersebut.
 
"Jangan sampai semangat untuk pembangunan infrastruktur justru malah semakin marak penggusuran dan rakyat kecil menjadi korban. Pemerintah juga perlu memikirkan nasib dari warga disana," tegasnya.
 
Wacana pemerintahan Jokowi-JK yang akan menekankan sektor pembangunan infrastruktur memang sudah mulai berjalan. Hal ini nampak dari pembukaan tiga Bandara di Pulau Miangas, Sulut sebagai pulau terluar dari wilayah NKRI.
 
Selain itu Presiden Jokowi juga sudah berulang kali meninjau daerah-daerah lainnya seperti kawasan Papua dan Papua Barat. Namun apabila melihat postur APBN 2017 sebesar Rp 1750 triliun atau turun sebesar 72 triliun dibandingkan postur APBN tahun lalu, pemerintah diharapkan dapat lebih bijak dalam menggunakan pagu anggaran yang dirancang defisit.
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1537 Kali
Berita Terkait

0 Comments