Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 26/10/2016 06:00 WIB

Warga Jatiasih Tuntut Pelunasan Tanah Gusuran

Rumah warga sudah rata dengan tanah
Rumah warga sudah rata dengan tanah
BEKASI_DAKTACOM: Masyarakat Jatiasih Kota Bekasi yang lahanya terkena proyek pelebaran jalan raya  terusan Cipendawa-Jatiasih-Komsen berharap agar pemerintah segera membayar ganti rugi pembayaran tanah setelah adanya kesepakatan harga.
 
Marta (28), salah satu warga Jatiasih mengatakan bahwa kesepakatan ganti rugi dengan pemerintah Kota Bekasi terkait pembebasan lahan sudah dilakukan bahkan sebagian warga sudah menandatangani perjanjian untuk dilakukan pembongkaran.
 
Akan tetapi hingga saat ini pembayaran belum dilakukan 100 persen. 
 
Para warga, menurut Marta, mendesak agar pembayaran ganti rugi paling lambat akhir Desember 2016. Hal ini mengingat proses pembongkaran dan pembangunan sudah mulai dilakukan Dinas Binamarga Tata Air. 
 
Hal senada diungkap Camat Jatiasih Nesan Sudjana, menurutnya warga sudah mengajukan agar pembayaran ganti rugi lahan segera dilakukan. Data yang ada, menurut Nesan, ada sekitar 4000-5000 meter lahan warga yang terkena dampak pelebaran jalan dengan jumlah total 56 bidang. Namun hingga kini pembayaran belum di lakukan.
 
"Karena hibah dari DKI belum dapat dicairkan maka saat ini baru dianggarkan sekitar 9,5 milyar untuk pembebasan lahan, meski belum cukup, tapi warga sudah setuju untuk dilakukan pembongkaran dan pembangunan," ungkapnya pada Rabu (26/10).
 
Nesan juga memperediksi bahwa jumlah dana yang harus dikeluarkan Pemkot Bekasi kemungkinan untuk  pembebasan lahan  mencapai  30 Milyar. Pelebaran  jalan juga dilakukan sepanjang satu kilometer lebih dengan pelebaran mencapai 3-4 meter.
 
Satu meter lahan warga tersebut, dalam kesepakatan dengan warga, dihargai sekitar Rp 4 juta/meter.
 
"Panjangnya dari jembatan Cipendawa sampai simpang Komsen Jatiasih. Saat ini surat pernyataaan 56 bidang tanah memang sudah ada. Tapi warga minta agar segera dibayar paling akhir Desember lah," katanya.
 
Nesan mengatakan bahwa saat ini pelaksanaan pelebaran jalan sudah mulai dilakukan. Sedangkan dana pembebasan lahan 35-36 milyar selambat lambatnya Desember juga harus disiapkan. 
Reporter : Warso Sunaryo
Editor :
- Dilihat 1819 Kali
Berita Terkait

0 Comments