Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Senin, 24/10/2016 12:30 WIB

Pembangunan Jalur DDT Kereta Manggrai-Cikarang Dikebut

Kereta Commuter Line
Kereta Commuter Line
CIKARANG_DAKTACOM: Pembangunan jalur kereta listrik DDT (double-double track) commuter line rute Manggarai – Cikarang Terus dikebut.  Saat ini, PT Len Industri (Persero) melalui anak perusahaan PT Len Railway  System (LRS) tengah membangun sistem persinyalan untuk Paket B1 DDT.
 
Menurut keterangan Manager Humas PT Len Industri (Persero) Dony Gunawan, pembangunan sistem persinyalan untuk Paket B1 DDT (double-double track) merupakan yang pertama di Indonesia. Akan dipasang pada lintasan rel Manggarai – Cikarang sepanjang 34 kilometer.
 
"Pekerjaan di paket ini berupa pembangunan sinyal double track lintas Manggarai-Cikarang," kata Dony, Senin (24/10).
 
Rencananya, jalur DDT Manggarai – Cikarang akan melewati enam stasiun besar yaitu Stasiun Manggarai, Stasiun Jatinegara, Stasiun Cakung, Stasiun Bekasi, Stasiun Tambun dan Stasiun Cikarang.
 
“Paket itu juga berarti memperpanjang atau menambah jalur operasi Kereta KRL dari Bekasi ke Cikarang,” tambahnya.
 
Menurut skema, Paket B1 akan memodifikasi sistem persinyalan SSI milik Alstom yang dipasang tahun 90-an ke sistem K5B milik Kyosan Jepang. Namun selain interlocking, hampir semua produk perkeretaapian lainnya (baik indoor maupun outdoor) menggunakan produk dalam negeri buatan PT Len Industri.
 
Perubahan double track menjadi double-double track di ruas jalur ini bertujuan untuk memisahkan kereta commuter dengan kereta antar kota. Untuk Bekasi ke arah barat, Bekasi-Jatinegara-Manggarai, adalah paket berikutnya (Paket A dan Paket B21), sehingga kapasitas angkut kereta api bisa menjadi jauh lebih banyak lagi.
 
"Dari segi keamanan juga menjadi lebih safety," pungkas Dony.
Editor :
Sumber : Antaranews
- Dilihat 1615 Kali
Berita Terkait

0 Comments