Jurnal Haji /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 19/10/2016 12:30 WIB

Pembentukan Lembaga Pengawas Haji Masih Jadi Perdebatan

Maman Imanulhaq Politisi PKB
Maman Imanulhaq Politisi PKB
JAKARTA_DAKTACOM: Anggota Komisi VIII, Maman Imanulhaq mengaku masih ada perdebatan mengenai pembentukan lembaga independen pengawas haji.
 
"Dalam setiap rapat bersama dengan Kemenag mengenai persoalan haji memang muncul berbagai macam perdebatan, seperti pembentukan badan pengelola keuangan haji, lembaga pengawas haji, dan penguatan Badan Penyelenggara Ibadah Haji," paparnya pada Rabu (19/10).
 
Maman mengakui masih terdapat sejumlah permasalahan yang perlu dievaluasi dalam pelaksanaan ibadah haji 2016 kemarin seperti pelatihan manasik haji.
 
"Pelatihan manasik haji disini terlalu menitik beratkan pada pelaksanaan ibadah semata, jadi semua hanya paham mengenai bacaan doa saja namun mengabaikan situasi dan kondisi di tanah suci, bagaimana cuaca dan kebudayaan disana," katanya.
 
Penyelenggaraan haji tahun 2016 ini masih menyisakan catatan evaluasi yang harus segera diperbaiki. Namun, secara umum penyelenggaraan haji tahun ini sudah dinilai cukup baik dibandingkan tahun sebelumnya.
 
Masalah utama pelaksanaan ibadah haji di Indonesia adalah lamanya waktu tunggu sehingga sebagian besar jamaah haji asal Indonesia berusia sangat lanjut dan menjadi sangat rentan terhadap daya tahan fisiknya, ditambah dalam beberapa tahun ke depan musim haji bertepatan dgn musim panas di tanah suci.
Reporter : Boy Aditya
Editor : Azeza Ibrahim
- Dilihat 507 Kali
Berita Terkait

0 Comments