Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 14/10/2016 13:00 WIB

Menag: Pilkada Jadi Momen Ujian Berbeda Secara Santun

Menag Lukman Hakim 1
Menag Lukman Hakim 1
JAKARTA_DAKTACOM: Menag Lukman Hakim Saifuddin menilai pagelaran Pilkada serentak menjadi ujian dalam menyikapi perbedaan politik secara santun.
 
Lukman mengatakan masyarakat Indonesia yang sangat majemuk dan memiliki keberagaman ini akan diuji oleh pelaksanaan Pilkada serentak sebagai ajang pembuktian diri bahwa bangsa ini telah siap untuk melaksanakan agenda demokrasi secara utuh.
 
"Demokrasi, bisa kita jaga untuk terus tingkatkan kualitas. Pintu kedua adalah integrasi kita yang majemuk di hampir semua sektor, lewat Pilkada bisa sikapi keragaman secara santun beradab," ujarnya pada Jum'at (14/10).
 
Maka dari itu, Lukman mengimbau agar dalam pertarungan politik ini dilaksanakan secara santun dan beradab, tidak menimbulkan suatu hal yang dapat memecah belah kerukunan bangsa.
 
"Bagaimana nilai agama jadi dasar pedoman kita. Lalu nilai keagamaan jangan sampai digunakan untuk mengoyak persaudaraan agama dan bangsa," paparnya.
 
Menjelang pelaksanaan Pilkada serentak pada Februari mendatang, situasi politik semakin memanas dan mulai memunculkan sejumlah isu yang berbau SARA.
 
Maka dari itu Kemenag RI merasa perlu mengadakan pertemuan bersama sejumlah pemuka agama untuk menjaga agar situasi politik tetap kondusif dan mencegah terjadinya perpecahan karena semakin berkembangnya isu Sara tersebut. Terutama setelah kasus penistaan ayat suci Al Quran yang dilakukan oleb Gubernur DKI Jakarta, Basuki TP/Ahok.
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1253 Kali
Berita Terkait

0 Comments