Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 13/10/2016 16:00 WIB

Menag Dukung Kajian Kitab Kuning Masuk Pelajaran SMP di Purwakarta

Menteri Agama Lukman hakim
Menteri Agama Lukman hakim
PURWAKARTA_DAKTACOM: Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin mendukung kebijakan Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, yang menambahkan kajian kitab kuning sebagai mata pelajaran di jenjang pendidikan menengah di kabupaten itu. 
 
"Saya sebagai menteri agama bersyukur, mengapresiasi dan mendukung sekali," katanya saat kunjungan ke Desa Karoya, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta, Kamis (13/10).
 
Ia mengatakan, kitab kuning yang biasa dikaji oleh santri itu juga perlu dipelajari oleh para pelajar. Bahkan pihaknya akan mengkaji sistem penerapan kajian kitab kuning bagi para pelajar. 
 
Menag mengaku akan memperhatikan perkembangan implementasi kebijakan baru di Purwakarta tersebut. Sebab secara prinsip, pendidikan tidak melulu tentang membangun kognitif, tapi juga aspek religiusitas. 
 
"Amalan kehidupan dan amalan keimanan, itu adalah hakikat pendidikan," katanya.
 
Kedatangan menteri agama ke Purwakarta itu sendiri untuk meresmikan Pondok Pesantren Baitul Quran di Tegalwaru, Purwakarta yang didanai lembaga donor asal Timur Tengah, Qatar Charity. Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi juga mendampingi menag dalam acara tersebut. 
 
Sementara itu, Pemkab Purwakarta akan menambah kurikulum kultur muatan lokal pelajaran agama di sekolah-sekolah, mulai pelajaran baca-tulis Al Quran hingga baca kitab kuning bagi pelajar yang beragama Islam.

 

Editor :
Sumber : Antaranews
- Dilihat 1552 Kali
Berita Terkait

0 Comments