Nasional / Politik dan Pemerintahan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 11/10/2016 06:45 WIB

DPD Siapkan 12 Nama Calon Pengganti Irman Gusman

Irman Gusman 1
Irman Gusman 1
JAKARTA_DAKTACOM: Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI akan menggelar rapat paripurna untuk menentukan Ketua DPD RI pengganti Irman Gusman.
 
Dalam rapat Bamus yang berlangsung pada Senin (10/10) malam, para senator DPD wilayah Indonesia Barat menggelar musyawarah untuk mencari pengganti Irman Gusman yang telah ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus suap impor gula.
 
Dari rapat tersebut diputuskan ada 12 bakal calon yang akan diajukan pada rapat paripurna hari ini yang rencananya akan berlangsung pada pukul 14.00
 
12 nama bakal calon tersebut adalah:
 
M. Syukur (Jambi), Hardi Slamet Hood (Kepri), Gafar Usman dan Insyawati Ayus (Riau), Darmayanti Lubis dan Parlindungan Purba (Sumut), Ahmad Kannedy (Bengkulu), Hudarni Rani (Babel), Novi Chandra (Sumbar), Andi Surya (Lampung), Asmawati (Sumsel), Fachrul Razi (Aceh).
 
Tata cara pemilihan akan dilakukan melalui sistem voting dan musyawarah dimana pada tata tertib lama, untuk maju sebagai calon pimpinan membutuhkan minimal lima dukungan. Namun, untuk proses pemilihan, tata tertib tersebut masih akan dibicarakan lagi dalam rapat paripurna.
 
Siapapun yang akan terpilih dalam rapat paripurna hari ini, Selasa (11/10) hanya akan mengisi posisi Irman Gusman untuk menjadi pimpinan DPD sampai Maret 2017 karena menurut tatib yang baru masa jabatan pimpinan hanya 2.5 tahun. Selanjutnya pada bulan Maret mendatang mereka akan kembali memilih pimpinan DPD RI yang baru.
 
Seperti diketahui bahwa Irman Gusman yang saat itu menjabat sebagai Ketua DPD RI tertangkap tangan oleh tim penyidik KPK menerima uang suap sebesar Rp 100 juta dari Xaverius Sutanto pemilik CV Semesta Berjaya untuk meloloskan kuota impor gula di Provinsi Sumbar pada tgl 17 September dini hari lalu.
 
Atas kejadian ini, BK DPD RI memutuskan untuk mencopot Irman Gusman dari jabatannya sbg Ketua DPD RI pada 19 September dan baru disahkan dalam rapat paripurna luar biasa pada 6 Oktober kemarin. Pada siang ini kedua belas nama kandidat anggota DPD RI wilayah Barat akan bertarung untuk mengisi kekosongan kursi pimpinan DPD RI pasca tertangkapnya Irman Gusman.
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1567 Kali
Berita Terkait

0 Comments