Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Senin, 26/09/2016 16:00 WIB

Menag: Tahun Depan Kuota Haji Kembali Normal

Menag Lukman Hakim Saefuddin 1
Menag Lukman Hakim Saefuddin 1
JAKARTA_DAKTACOM: Kementerian Luar Negeri, Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, hingga Polri menggelar rapat membahas evaluasi pelaksanaan ibadah haji 2016. Dalam rapat ini juga dibahas soal wacana penambahan kuota haji bagi jamaah Indonesia.
 
Hadir dalam rapat ini para pimpinan DPR seperti Ade Komarudin dan Agus Hermanto, Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin, Kabarhakam Polri Komjen Pol, Putut Eko Bayuseno, Sekjen Kemenkes Untung Suseno Sutarjo, Wamenlu AM Fachri.
 
"Rapat konsul ini sampaikam aprwsiasi setinggi-tingginya ke pemerintah. Dalam hal ini Kemenag, Kemenlu, Kemenkes. Kami berikan apresiasi ini karena dewan menilai tim pengawasan yang saya pimpin. Penilaian kami sepanjang pelaksanaan haji tahun ini terutama oleh komisi VIII bahwa penyelengaaran haji tahun ini lebih baik dibanding tahun sebelumnya," kata Ketua DPR Ade Komarudin di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (26/9).
 
Akom sapaan Ade Komarudin menilai hal tersebut terjadi karena ada koordinasi yang baik antar kementerian. Meski demikian ada beberapa hal yang masih luput dan menjadi catatan dari DPR.
 
"Selamat. Pemerintah karena mampu bekerjasama dengan baik dengan instansi lain kemenag tekah mampu behasil lakukan koordinasi dengan baik. Koordinasi barang cukup mahal. Tidak mudah apalagi banyak instansi. Walaupun kewenangan Kemenag tetapi urusan perhubungan keamanan , kesehatan dan terpenting juga urusan luar negeri," ungkap Akom.
 
"Masih banyak masalah lain hasil kami lakukan pengawasan yang cukup dapatkan perhatian DPR," imbuhnya.
 
Terkait dengan persoalan kuota haji, Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin menyebutkan kuota haji untuk Indonesia kembali normal seperti sebelum Masjidil Haram direnovasi.
 
"Kuota jamaah haji Indonesia akan kembali normal pada tahun depan, yaitu 211.000 orang. 2013, Pemerintah Arab Saudi hanya memberikan kuota sebanyak 168.800 calon jamaah haji dari Indonesia dengan rincian 155.200 jamaah reguler dan 13.600 jamaah haji khusus," kata Lukman.
 
"Jatah normal kuota haji sebanyak 211.000 orang sesuai kesepakatan OKI dipangkas 20 persen lantaran adanya renovasi Masjidil Haram," imbuhnya. 
Editor :
Sumber : Detik.com
- Dilihat 1459 Kali
Berita Terkait

0 Comments