Internasional / Australia /
Follow daktacom Like Like
Senin, 26/09/2016 09:00 WIB

Komunitas Muslim Indonesia di Australia Jadi Teladan

Muktamar Umat Islam Australia Selandaia Baru
Muktamar Umat Islam Australia Selandaia Baru
CANBERRA_DAKTACOM: Komunitas Islam asal Indonesia yang bermukim di Australia dinilai telah berhasil menampilkan wajah toleran dalam interaksinya dengan masyarakat lokal setempat. Ini penting di saat sorotan negatif didapati komunitas Muslim karena pengaruh aksi-aksi kekerasan yang menyebar lewat kabar internasional.
 
"Umat Islam Indonesia di negeri Kangguru ini terbukti mampu menjadi contoh dan tauladan yang baik dalam menjalin persaudaraan secara damai dengan komunitas masyarakat dari berbagai latar belakang di Australia, terutama pada saat umat Muslim menjadi soroton dan kadang dianggap sebagai ancaman oleh sebagian orang yang kontra Islam," kata Duta Besar Republik Indonesia untuk Australia, Nadjib Riphat Kesoema, Senin (26/9).
 
Nadjib berbicara dalam sambutan pembukaan Muktamar Umat Muslim Indonesia di Australia dan Selandia Baru di Bell City Hotel, Victoria, Australia. Gelaran yang dibuka pertama kali ini berlangsung sejak 24 September kemarin, mengusung tema "Hidup dalam Harmoni". Nadjib juga merupakan Ketua Asosiasi Duta Besar Negara-negara Anggota Organisasi Kerjasama Islam di Canberra. 
 
"Muktamar ini akan melengkapi rangkaian langkah yang dilakukan para Dubes negara OKI di Australia yang dipimpinnya dalam mendorong citra Islam yang teduh," kata Nadjib.
 
Dia mendorong semua Muslim Indonesia di Australia agar terus menunjukkan wajah Islam yang sesungguhnya, yakni Islam yang cinta damai. Apalagi sedari awal, orang Indonesia sudah dikenal sebagai pendatang yang ramah oleh suku asli Australia.
 
"Indonesia pantas berbangga karena dari perspektif historis, orang Indonesialah, melalui pedagang dari Makassar di abad ke-15 yang memperkenalkan agama Islam secara damai ke suku Aborigin di Australia," ujarnya.
 
Ketua Panitia Muktamar, Neil Siregar yang juga Presiden IMCV menjelaskan tujuan Muktamar adalah mempersatukan organisasi Islam Indonesia di Australia. Muktamar juga dirancang menjadi wadah promosi nilai-nilai multikultural Indonesia di Australia dan Selandia Baru sekaligus sebagai forum untuk mempertebal tekad bagi Muslim Indonesia untuk memainkan peran yang lebih besar di berbagai bidang di kedua negara ini.
 
200 Orang hadir di acara ini. Semua antusias, bahkan Ketua AIMFACT Canberra bernama Marpuddin Aziz menempuh 700 km selama delapan jam mengendarai mobil untuk hadir di acara ini. 
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : Detik.com
- Dilihat 374 Kali
Berita Terkait

0 Comments