Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 14/09/2016 13:30 WIB

Anggota DPR: BPOM Harus Punya Kewenangan Penindakan

Dede Yusuf
Dede Yusuf
JAKARTA_DAKTACOM: Ketua Komisi IX, Dede Yusuf mendorong penguatan BPOM untuk dapat memusnahkan penemuan obat dan makanan palsu.
 
"Kami mengapresiasi penemuan sejumlah obat-obatan palsu yang kembali ditemukan BPOM di wilayah Sulsel, namun sayangnya mereka tidak mempunyai prosedur untuk pemusnahan," ujarnya pada Rabu (14/9).
 
Maka dari itu Dede mengatakan Komisi IX akan menyusun payung hukum untuk dapat memperkuat BPOM bukan hanya sebagai pengawas semata.
 
"Kami akan mengatur penguatan BPOM tidak hanya sebagai pengawas, melainkan adanya fungsi pencegahan dan penindakan agar para pelaku pemalsuan obat dan makanan menjadi jera. Pasalnya tindakan mereka sudah sangat meresahkan masyarakat karena menyangkut tentang masalah kesehatan," papar Dede.
 
Sebelumnya Kepala BPOM, Penny Lukito mengakui pihaknya kesulitan dalam mengatasi maraknya peredaran obat palsu karena mereka tidak mempunyai wewenang untuk penindakan bagi para pelaku.
 
Maka dari itu ia menginginkan adanya penguatan lembaga tersebut dengan wewenang penindakan seperti halnya KPK. Usulan dari Penny mendapatkan respon positif dari Komisi IX yang akan mulai merumuskan payung hukum dalam upaya pencegahan kasus pemalsuan obat dan makanan yang kerap terulang.
Reporter : Boy Aditya
Editor : Azeza Ibrahim
- Dilihat 1173 Kali
Berita Terkait

0 Comments