Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 05/09/2016 13:00 WIB

Menkes: Virus Zika Belum Terdeteksi di Indonesia

Menkes Nila Moeloek
Menkes Nila Moeloek
JAKARTA_DAKTACOM: Menkes, Nila Moeloek mengaku belum menemukan adanya kasus penyebaran virus Zika yang terjadi di Indonesia.
 
"Gejala virus Zika sangat mirip seperti penyakit demam berdarah sehingga bagi masyarakat yang mengalami gejala seperti itu sebaiknya segera melapor pada petugas medis," ujarnya pada Senin (5/9).
 
Nila juga mengungkapkan di seluruh Bandara dan Pelabuhan memang sudah ditempatkan sejumlah petugas mereka untuk mengecek kesehatan dari para penumpang.
 
"Ya tentu di tiap-tiap Bandara dan pelabuhan itu kan ada port health untuk pemeriksaan kesehatan, tanpa diminta pun itu memang sudah rutinitas mereka disana. Tapi sejauh ini belum ada laporan apapun terkait virus Zika di Indonesia," jelasnya.
 
Penyebaran Virus Zika yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti ini sudah sampai di Sabah, Malaysia dan Singapura.
 
Untuk mengantisipasi hal tersebut, Kemenkes telah mempersiapkan alat pendeteksi suhu tubuh di tiap-tiap bandara internasional dan pelabuhan untuk mencegah penyebaran virus yang dikabarkan dapat membahayakan kondisi janin pada ibu hamil ini.
 
Virus Zika disebut-sebut berasal dari pedalaman hutan Amazon di wilayah Amerika Latin dan kini telah menyebar di lebih dari 65 negara di dunia.
Reporter : Boy Aditya
Editor : Azeza Ibrahim
- Dilihat 1062 Kali
Berita Terkait

0 Comments