Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 26/08/2016 09:00 WIB

BPBD Minta Kementerian PU Normalisasi Kali Bekasi dan Citarum

Tim BPBD Gelar Latihan Antisipasi Banjir
Tim BPBD Gelar Latihan Antisipasi Banjir
CIKARANG_DAKTACOM: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi meminta Kementerian Pekerjaan umum melakukan normalisasi dan pembuatan tanggul di kali Citarum dan kali Bekasi agar dapat meminimalisir bencana banjir.
 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bekasi, Aspuri mengatakan pada Kamis (25/8) bahwa setiap kali musim hujan, sungai Citarum dan kali Bekasi kerap meluap tetapi pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa karena hal itu merupakan kewenangan pusat, Dinasnya hanya bisa berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga, supaya mereka yang meneruskan ke Kementerian Pekerjaan Umum untuk permohonan normalisasi.
 
"Sungai Citarum perlu dilakukan normalisasi karena sudah dangkal, serta penguatan tanggul agar jika terjadi luapan tidak sampai limpas ke rumah penduduk," kata Aspuri.
 
Saat ini memang pembangunan tanggul sudah dilakukan, tetapi belum sampai ke ujung sungai Citarum, tanggulnya juga masih rendah sehingga perlu ditinggikan lagi.
 
Aspuri menjelaskan, belum dilakukannya normalisasi dan penguatan tanggul itu menyebabkan pihaknya hanya melakukan penangananan seadanya, jika dalam kondisi darurat, karung dan bambu digunakan untuk membendung air, tetapi jika airnya cukup deras dan volumenya banyak maka hal itu tidak cukup membantu dan tetap saja terjadi banjir.
 
Sementara itu beberapa kecamatan yang akan banjir jika kali Citarum meluap diantaranya, Cikarang Timur, Kedungwaringin, Cabangbungin hingga ke Muaragembong, untuk kali Bekasi biasanya banjir menimpa desa Sukamekar, kecamatan Sukawangi, kecamatan Tambun Utara, dan Babelan.
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1483 Kali
Berita Terkait

0 Comments