Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 02/08/2016 14:38 WIB

Machasin: Masyarakat harus Lebih Dewasa Bertoleransi

Dirjen Bimas Islam Kemenag Machasin
Dirjen Bimas Islam Kemenag Machasin
JAKARTA_DAKTACOM: Dirjen Bimas Islam, Machasin menyatakan perlu adanya pendewasaan masyarakat mengenai arti toleransi.
 
Berkaca pada kerusuhan berbau SARA di Tanjungbalai, Sumut. Machasin merasa adanya suatu dendam lama yang kembali tersulut akibat gesekan antar suku di daerah tersebut.
 
"Masalah di Tanjungbalai ini memang nampaknya perlu adanya pendidikan agar dapat hidup berdampingan dengan rasa toleransi. Ini bukan semata-mata akibat agama, namun memang perlu proses pendewasaan dari masyarakat," jelasnya pada Selasa (2/8).
 
Machasin mengimbau agar masyarakat tidak perlu khawatir dengan konflik SARA, namun juga jangan mengabaikan karena dapat menimbulkan kerusuhan yang lebih meluas.
 
"Ini bukan sesuatu hal yang terlalu dikhawatirkan, namun masyarakat juga tidak boleh diam. Nanti bisa semakin menimbulkan konflik horizontal. Maka perlu kepekaan terhadap kehidupan bermasyarakat," lanjutnya.
 
Seperti diketahui telah terjadi kerusuhan berbau SARA di daerah Tanjungbalai, Sumut dipicu oleh protes warga keturunan Tionghoa yang menegur seorang muadzin Masjid agar mengecilkan volume speaker masjid.
 
Kejadian ini diperparah dengan menyebarnya provokasi melalui sosial media sehingga warga setempat terbakar emosi dan melakukam sejumlah aksi anarkis dengan membakar beberapa vihara dan klenteng di wilayah tersebut.
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1602 Kali
Berita Terkait

0 Comments