Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 29/07/2016 14:00 WIB
Pelaksanaan Pemeriksaan IVA dan Papsmear Seluruh Indonesia

BPJS Kesehatan Torehkan Rekor Muri

Peresmian kegiatan pemeriksaan IVA dan Papsemar seluruh Indonesia oleh BPJS Kesehatan
Peresmian kegiatan pemeriksaan IVA dan Papsemar seluruh Indonesia oleh BPJS Kesehatan
KUPANG_DAKTACOM: Dalam upaya optimalisasi fungsi promotif dan preventif, BPJS Kesehatan bekerjasama dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) pimpinan Iriana Joko Widodo, Kemenkes dan BKKBN menggelar pemeriksaan IVA dan Papsmear serentak di seluruh Indonesia.
 
Acara yang dilakukan berpusat di Kupang, Jum'at  (29/7) tersebar di 1.558 titik pelayanan dengan target peserta sebanyak 27.000 orang untuk pemeriksaan IVA dan 10.275 orang untuk pemeriksaan Papsmear.
 
Kegiatan ini juga tercatat dalam rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai penyelenggaraan program pemeriksaan IVA dan Papsmear terbanyak serentak di Indonesia sebagai langkah mencegah kanker leher rahim/ mulut rahim yang marak meneyerang wanita.
 
Dirut utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris mengungkapkan bahwa jumlah kasus kanker Serviks dari Januari hingga Juni 2016 di tingkat rawat jalan mencapai 45.006 kasus.
 
"Deteksi dini kanker serviks masuk dalam skema pembiayaan program JKN-KIS sehingga peserta tak perlu keluar biaya lagi saat melakukan pemeriksaan," ujarnya.
 
Ia menambahkan bahwa kanker Serviks umumnya baru terdeteksi saat stadium lanjut dimana proses pengobatannya pun sudah terbilang sulit dan biaya pengobatannya lebih mahal dibanding jika sudah terdeteksi lebih dini.
 
"Namun tantangannya cukup banyak warga yang masih takut untuk memeriksa dirinya dengan IVA atau Papsmear ini, maka kegiatan ini dilakukan untuk menepis rasa takut itu," tegasnya.
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : Rilis BPJS
- Dilihat 1239 Kali
Berita Terkait

0 Comments