Pilkada Serentak /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 29/07/2016 09:30 WIB

KPU Jabar Ajak PPK Kabupaten Bekasi Jaga Integritas

Ilustrasi Pilkada
Ilustrasi Pilkada
CIKARANG_DAKTACOM: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, Yayat Hidayat berpesan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kabupaten Bekasi agar menjaga integritas pada saat pemilihan kepala daerah (Pilkada) Februari 2017.
 
"Ini disampaikan saat rapat kerja tentang peningkatan, pemahaman tugas, wewenang, dan kewajiban PPK," katanya di Cikarang, Kamis (28/7).
 
Menurut dia, Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum telah menggariskan Tugas, Wewenang, dan Kewajiban Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).
 
Wewenang dan fungsi PPK antara lain melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan Pemilu, menerima dan menyampaikan daftar pemilih kepada KPU Kabupaten/Kota, mengumpulkan hasil penghitungan suara dari seluruh PPS di wilayah kerjanya, melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara.
 
Menyerahkan hasil rekapitulasi suara kepada seluruh peserta Pemilu, membuat berita acara penghitungan suara, menindaklanjuti dengan segera temuan dan laporan yang disampaikan oleh Panwaslu Kecamatan.
 
Melakukan evaluasi dan membuat laporan setiap tahapan penyelenggaraan Pemilu di wilayah kerjanya. Melaksanakan sosialisasi penyelenggaraan pemilu.
 
Yayat mengatakan integritas yang harus dijaga ini sudah sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Sedangkan integritas yang harus dijaga dalam pilkada 2017 dilakukan oleh penyelenggara.
 
Ini dikarenakan masalah independensi yang menjadi sorotan utama dalam penyelenggaraan pemilu. Dan juga banyaknya tuduhan sebagai penyebab kericuhan pasca pemilu. Ia menambahkan dalam rapat kerja ini dinilai positif dikarenakan sebagai penambah wawasan PPK dalam menjalankan tugasnya.
 
Dan juga meminta kepada anggota PPK agar lebih bijak dalam penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Bekasi pada Februari 2017.  Sedangkan integritas moral juga harus lebih ditingkatkan sebab di beberapa daerah moralitas mental PPK di tingkat ad hoc rusak.
Editor :
Sumber : Antaranews
- Dilihat 998 Kali
Berita Terkait

0 Comments