Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 26/07/2016 11:00 WIB

Indonesia Butuh 1,5 Juta Orang Insinyur

Ilustrasi Insinyur
Ilustrasi Insinyur
JAKARTA_DAKTACOM: Indonesia menghadapi tantangan keperluan ketersediaan 1,5 juta orang insinyur untuk memenuhi keperluan pembangunan nasional juga menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
 
"Indonesia akan menjadi negara dengan perekonomian terbesar ketujuh dunia pada 2030. Untuk bisa mencapai ke sana, kita sudah punya SDA berlimpah. Kini saatnya kita memenuhi keperluan SDM, terutama di bidang teknik," kata Rektor Universitas Sampoerna, Wahdi Yudhi, dalam keterangan pers yang diterima Antara, Jakarta, Senin (25/7).
 
"Kalau kita punya mimpi menjadi negara besar, peningkatan jumlah ahli teknik harus dipenuhi," kata dia.
 
Persatuan Insinyur Indonesia mencatat saat ini Indonesia hanya memiliki sekitar 750.000 insinyur. 
 
Padahal dibutuhkan setidaknya 1,5 juta insinyur untuk dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam kisaran 7-10 persen per tahun.
 
Untuk menghadapi peningkatan proyek dan MEA, Yudhi mengatakan, Indonesia harus mampu mendorong penambahan tenaga kerja yang berasal dari dalam negeri sesuai dengan kebutuhan agar tidak didominasi tenaga kerja asing. 
 
Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi pada April 2016 memandatkan 40 perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, untuk membuka program profesi keinsinyuran.
Editor :
Sumber : Antaranews
- Dilihat 2005 Kali
Berita Terkait

0 Comments