Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 19/07/2016 10:00 WIB

Siloam Hospitals Semarakkan Idul Fitri dengan Membagi Kurma

Siloam Hospital Bagikan Kurma untuk Pasien yang Berpuasa
Siloam Hospital Bagikan Kurma untuk Pasien yang Berpuasa
Idul Fitri merupakan momen yang paling dinanti oleh umat muslim. Ini menjadi ajang untuk berkumpul bersama sanak saudara dan keluarga besar. Namun sayangnya, sakit seperti tak kenal waktu. Sakit bisa datang kapanpun, tidak dapat terprediksi. Karenanya, Siloam sebagai pusat pelayanan kesehatan berusaha memberi kenyamanan bagi pasien yang merayakan Hari Kemenangan di rumah sakit.
 
Siloam menyadari kebutuhan pasien yang dirawat, yaitu sesegera mungkin sembuh sehingga dapat berkumpul bersama keluarga merayakan Idul Fitri 1437 yang jatuh pada tanggal 6 dan 7 Juli tahun ini. Ditengah upaya proses perawatan tersebut, manajemen rumah sakit pun telah menyiapkan konsep perawatan kesehatan emosional bagi setiap pasiennya. Selain menghias rumah sakit dengan berbagai ornament bernuansa religi, setiap unit Siloam juga menggelar kegiatan pembagian kurma bagi pasien rawat inap.
 
“Tim Patient Centric Initiatives telah menyiapkan kotak berisi tiga kurma, yang kemudian dibagikan pada semua pasien. Dan serentak kotak kurma dibagikan pada H-1 Idul Fitri di 22 unit Siloam. Selain membagi kurma, kami pun bersilahturahmi dengan pasien dan keluarga yang menunggu. Pun kami berkumpul bersama pasien yang sedang menerima keluarga dan kerabat mereka pada waktu-waktu berkunjung, memeriahkan hari nan fitri ini,” demikian ujar Direktur Network, Research, and Development Siloam Hospitals Group Kamaljeet Singh dalam rilis yang diterbitkan.
 
Selain melakukan serentak kegiatan group, tiap unit Siloam pun menjalankan sejumlah kegiatan Patient Centric Initiatives secara internal. Misalnya, Siloam Hospitals Balikpapan yang membagikan voucher medical check-up Ramadhan bagi 19 pasien yang masuk rawat inap pada tanggal 6-7 Juli. Tujuan dari kegiatan ini sendiri sebagai bentuk kepedulian manajemen terhadap pasien yang tidak bisa berlebaran di rumah bersama keluarga.
 
Sehari sebelumnya, H-1 Idul Fitri, Siloam Hospitals Surabaya membagikan kurma disertai sajadah bagi pasien-pasien rawat inap. Tim manajemen berkeliling kamar pasien, bersilaturahmi dengan pasien sambil membagikan bingkisan. Ungkapan kepedulian yang sederhana ini pun berlanjut hingga 7 Juli 2016, dan mendapat respon simpatik dari keluarga pasien.
 
Kepedulian juga ditunjukkan tim manajemen Siloam Hospitals Purwakarta, yang menggelar program siaga ambulans selama arus mudik hingga arus balik. Bekerjasama dengan PT Jasa Marga dan Dinas Kesehatan Purwakarta, tim menempatkan mobil ambulans di Rest Area 72 Tol Cipularang Jalur A (Jakarta - Bandung), dan dua unit lainnya disiagakan di Gerbang Tol Cikopo Kecamatan Bungursari.
 
Sementara Rumah Sakit Siloam Sriwijaya mengadakan buka puasa bersama anak didik lapas kelas II A di Kota Palembang, Sumatera Selatan. “Karena anak-anak didik di Lapas sering terlupakan keberadaannya oleh masyarakat padahal mereka juga merupakan anak-anak Bangsa Indonesia yang masih dalam usia produktif dan perlu bimbingan dari kita semua,” ujar Direktur Operasional RS Siloam Sriwijaya dr. Harijanto Solaeman, yang hadir dalam kegiatan tersebut sekaligus untuk memberikan santunan mewakili Group.
 
Siloam Hospital Group akan terus menjalankan misinya, mengembangkan program Patient Centric Initiatives sebagai budaya pelayanan, yang bisa menciptakan pengalaman bagi pasien. Inisiatif ini sebenarnya sudah berjalan secara rutin sejak perayaan Idul Fitri setahun kemarin. Group mendistribusikan kurma bagi pasien rawat inap, dilanjutkan dengan pembagian jeruk Mandarin pada Tahun Baru Cina 2016, dan paket mewarnai untuk pasien di hari perayaan Paskah 2016.
 
Kegiatan di bulan penuh berkah juga berlangsung di unit-unit Siloam lainnya, termasuk mengadakan media gathering bersama rekan-rekan jurnalis.
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : Rilis Siloam Hospital
- Dilihat 1135 Kali
Berita Terkait

0 Comments