Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Senin, 27/06/2016 08:45 WIB

Dinkes Kota Bekasi Gelar Sidak Vaksin Palsu

Pihak berwajib memeriksa vaksin palsu
Pihak berwajib memeriksa vaksin palsu
BEKASI_DAKTACOM: Paska terungkapnya pembuatan vaksin palsu sebanyak ribuan botol di Kemang Pratama, Dinas Kesehatan Kota Bekasi langsung bergerak melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah rumah sakit. Namun selama dua hari melakukan sidak, petugas tak menemukan vaksin palsu.
 
"Sejak kemarin dan hari ini, tim kami sudah terjun ke lapangan melakukan sidak ke beberapa puskesmas, rumah sakit swasta, apotik. Namun belum ditemukan sampel vaksin palsu," ujar Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi, Tetty Manurung usai sidak di Rumah Sakit Hermina, Bekasi Selatan, Jum'at (24/6) petang.
 
Tetty mengatakan, sidak ini dilakukan di tiga tempat, yaitu RS Hermina, RS Ananda dan apotek Pelita Insani di Bekasi Selatan. Dari sidak itu, ujar dia, petugas tak menemukan vaksin palsu yang diedarkan oleh pasutri tersebut.
 
"Penyimpanan vaksin sudah sesuai standar yakni disimpan di tempat khusus penyimpanan vaksin dengan suhu rendah (chiller). Walau begitu, kami akan terus melakukan sidak ke beberapa tempat untuk beberapa hari ke depan untuk memastikan tidak ditemukan vaksin palsu," jelas Tetty.
 
Dirinya menyatakan bahwa pemeriksaan vaksin ini memang dilakukan secara kasat mata atau pengamatan. Meski belum dilakukan uji laboratorium, dia meyakini obat itu asli karena ciri fisiknya sesuai. Seperti nomor batch sesuai antara isi dengan tulisan di kemasan.
 
Tetty pun mengimbau, kepada orangtua yang sudah melakukan vaksinasi kepada bayi, apabila masih ragu dapat melakukan vaksinasi ulang kepada bayinya dan pilihlah tempat yang terpercaya.
Editor :
Sumber : kompas.com
- Dilihat 1107 Kali
Berita Terkait

0 Comments