Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 07/04/2015 20:24 WIB

CFD Bekasi, Bebas Mobil Bebas PKL

CFD Bekasi
CFD Bekasi

BEKASI_DAKTACOM: Tingginya potensi pasar di Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau yang lebih sering disebut dengan istilah Car Free Day (CFD) terus menarik para pedagang kaki lima (PKL) untuk menjajakan dagangannya. Alhasil, banyak masyarakat yang mengeluhkan padatnya jalan Ahmad Yani kota Bekasi saat CFD berlangsung akibat membludaknya PKL yang berjualan.

 

Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Perhubungan mengaku telah banyak menerima keluhan masyarakat terkait hal tersebut. Untuk itulah dibentuk satuan tugas (satgas) khusus untuk CFD.

 

"Kami memang banyak menerima keluhan tentang CFD yang dipenuhi PKL, dan akan kami tertibkan," kata Sopandi Budiman, Kepala DInas Perhubungan Kota Bekasi saat dihubungi dalam acara Dakta Siang, Selasa (7/4).

 

Menurut Sopandi, satgas ini bertugas untuk mengembalikan fungsi CFD seperti seharusnya. Diantaranya seperti memindahkan para PKL yang biasa bejualan sepanjang jalan Ahmad Yani ke jalan Rawa Tembaga. Sedangkan lokasi parkir yang sebelumnya berada di ruas Rawa Tembaga, lanjutnya, dialihkan ke tempat-tempat lain di dekat jalur CFD.

 

"Selain di kawasan GOR, masyarakat bisa memarkirkan kendaraannya di Asrama Haji, Islamic Center, dan komplek Ruko Bekasi Mas," imbuhnya.

 

Untuk mencegah kembalinya PKL berjualan kembali di jalur CFD, kata dia, satgas melakukan tindakan preventif dengan berjaga sejak Ahad dini hari. Hal itu dikarenakan para PKL biasanya mulai menggelar lapak sebelum Subuh. Apabila ada PKL yang 'bandel' maka pihaknya akan langsung memindahkannya.

 

Sementara itu, sejumlah pelayanan masyarakat yang berlangsung saat CFD kini tak boleh lagi menggunakan mobil. Mereka akan mendirikan tenda (stand) untuk pelayanannya.

 

"Jadi CFD nantinya seratus persen bebas mobil, pelayanan masyarakat melalui stand-stand yang didirikan," jelas Sopandi.

 

Sopandi menambahkan, mulai Ahad (5/7) lalu Pemkot Bekasi telah memperpanjang jam operasional CFD Ahmad Yani hingga pukul 10.00 WIB. ***

Editor :
Sumber : Dakta Siang
- Dilihat 8126 Kali
Berita Terkait

0 Comments