Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Senin, 30/05/2016 12:44 WIB

Kekayaan Bahasa Harus Jadi Fokus Wartawan

Penulis dan Pengamat Media Arta Wijaya
Penulis dan Pengamat Media Arta Wijaya
BOGOR_DAKTACOM: Penulis sekaligus pengamat media, Arta Wijaya menekankan bahwa setiap orang yang berkecimpung di dunia jurnalistik harus memiliki kekuatan bernama kekayaan bahasa.
 
Menurutnya, baik dalam dunia penulisan ataupun broadcasting, kekayaan bahasa sering menjadi penentu sebuah konten diminati atau bahkan dijauhi oleh masyarakat.
 
"Selain menjadi penopang segmentasi, kekuatan bahasa juga memiliki kekuatan untuk menggugah masyarakat agar peduli dengan sebuah isu," ujar Arta dalam kegiatan Dauroh Jurnalis Islam Bersatu (JITU) di Bogor, Ahad (29/5).
 
Salah satu anjuran yang ia sampaikan agar baik para wartawan dan redaktur dapat memiliki kekuatan bahasa yang mumpuni adalah dengan memperbanyak dan memperluas bahan bacaan.
 
"Sebab ibarat sebuah kendi yang mengisi cangkir dengan air, jika kendinya tidak rajin diisi maka tidak akan ada yang bisa dituangkan," paparnya.
 
Bahasa, menurutnya juga berperan penting untuk menjaga marwah agama Islam, oleh karenanya ia berpesan kepada jurnalis muslim agar menjaga redaksi penulisan dan lisan dari kata-kata berkonotasi buruk.
 
Kebiasaan penulisan dan pengucapan dengan bahasa yang baik dan terstruktur menurut Arta juga dapat membantu skill komunikasi interpersonal seseorang.
 
"Jurnalis dengan tutur bahasa yang baik biasanya akan lebih mudah mendapat narasumber yang berkualitas pula," paparnya. 
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1479 Kali
Berita Terkait

0 Comments