Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 26/05/2016 15:04 WIB

Perubahan Kurs Bayar Haji Untungkan Jamaah

jamaah haji
jamaah haji
BEKASI_DAKTACOM: Kementrian Agama RI, resmi menetapkan pelunasan pembayaran ibadah haji tahun ini menggunakan kurs rupiah. Pelunasan ini tidak seperti tahun sebelumnya, yang menggunakan kurs dolar dan harus mengikuti nilai tukar kurs dollar terhadap rupiah di BI.
 
Terkait dengan perubahan pembayaran tersebut, Direktur Pengelolaan Dana Haji Kemenag Ramadhan Harisman angkat bicara. Menurutnya dengan perubahan tersebut sangat menguntungkan calon jamaah haji dalam pelunasannya.
 
"Kalau sebelumnya menggunakan kurs dollar, misalnya BPIH 2500 USD, tergantung nilai tukar jual transksi dari BI. Sehingga kita melunasi misalnya hari ini, kita melunasi dengan kurs 12.000 USD menjadi Rp. 30jt. Kalau misalnya biaya haji 13.000 USD, itu tentunya akan berbeda besaran rupiahnya," kata Ramadhan kepada Dakta, seusai menghadiri pembukaan pembekalan integrasi calon petugas haji kloter di Asrama Haji Bekasi, Selasa (24/5) malam.
 
Keuntungan selanjutnya dengan pembayaran menggunakan kurs rupiah, menurut Ramadhan adalah pelunasan harus menunggu kurs keluar dari BI.
 
"Yang paling cepat keluarnya jam 11.00 WIB tiap harinya. Tapi kalau sekarang dengan ditetapkan pakai rupiah, otomatis bisa melunasi mulai pukul 08.00 sampai pukul 15.00 WIB. Sampai hari ini, dihari keempat pelunasan sudah 56 persen yang melunasi," jelas Ramadhan.
Reporter :
Editor :
- Dilihat 1365 Kali
Berita Terkait

0 Comments