Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 26/05/2016 10:15 WIB

BPBD Kabupaten Bekasi Desak Normalisasi 2 Sungai

Kali Bekasi Meluap Akibat Banjir Kiriman
Kali Bekasi Meluap Akibat Banjir Kiriman
CIKARANG_DAKTACOM: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi mendesak Dinas Bina Marga dan PSDA untuk melakukan normalisasi di 2 sungai guna mencegah terjadinya bencana banjir.
 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Aspuri mengatakan berdasarkan evaluasi bencana banjir yang terjadi beberapa waktu lalu, bencana banjir disebabkan akibat meluapnya sungai dan bukan karena hujan.
 
"Sungai yang meluap itu diantaranya sungai Citarum dan kali Bekasi sehingga mengakibatkan banjir di 7 kecamatan," ujarnya kepada Dakta, Rabu (25/5)
 
Oleh sebab itu 2 sungai yang ada harus dilakukan normalisasi dan penguatan tanggul yang memadai, meski memang menurutnya, kewajiban normalisasi dan penguatan tanggul bukan tugas pemerintah daerah. 
 
"Tetapi merupakan kewenangan pemerintah pusat, namun Dinas Bina Marga dan PSDA bisa melakukan koordinasi agar bisa mempercepat proses normalisasi itu supaya tidak selalu mengalami kebanjiran," paparnya.
 
Aspuri menambahkan, ancaman banjir diakuinya tidak akan terjadi mengingat saat ini sudah memasuki masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.
 
Berdasarkan informasi dari badan Badan Meteorologi Geofisika menurutnya juga menyebutkan, curah hujan saat ini tidak terlalu tinggi dan tidak akan menyebabkan banjir.
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1355 Kali
Berita Terkait

0 Comments