Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 18/05/2016 16:46 WIB

MEA Tak Pengaruhi Lonjakan Pekerja Asing

Ilustrasi Kawasan industri
Ilustrasi Kawasan industri
CIKARANG_DAKTACOM: Diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sejak 1 Januari 2016 tidak berpengaruh pada melonjaknya jumlah pekerja asing di Kabupaten Bekasi.
 
Hal ini terlihat dari jumlah tenaga kerja asing yang mendaftar untuk retribusi izin memperkerjakan tenaga asing dibulan Januari-Maret 2016 yang mencapai sebanyak 400 orang
 
Kepala Bidang Perluasan dan Penempatan Tenaga Kerja, Disnaker Kabupaten Bekasi, Douglas Siregar pada Rabu (18/5) mengatakan dibukanya masyarakat ekonomi asean, tidak berpengaruh pada meningkatnya jumlah tenaga kerja  asing, angka 400 orang yang mendaftar itupun merupakan pekerja asing ditahun sebelumnya yang memperpanjang izin.
 
Diterapkannya MEA itupun tidak menggusur pekerjaan pekerja lokal, karena pekerja asing bekerja di tataran level pekerjaan seperti direktur perusahaan, manager, dan teknisi enginering.
 
Douglas menambahkan, untuk jumlah tenaga kerja asing berdasarkan data ada sebanyak 2.083 dari negara-negara seperti Jepang dan Korea Selatan, bekerjanya mereka di sini juga dipungut retribusi sebesar 100 US Dollar sehingga pendapatan daerah mencapai Rp. 35 Milyar pertahun.
 
Pendapatan itu menurutnya akan berkurang, mengingat jumlah tenaga kerja asing akan mengalami penurunan karena kebanyakan tenaga kerja asing yang bekerja merupakan ahli mesin pabrik, namun seiring dengan transfer ilmu ke tenaga kerja lokal mereka tidak dibutuhkan lagi di perusahaan.
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1636 Kali
Berita Terkait

0 Comments