Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 03/05/2016 11:00 WIB

May Day, Islamic Medical Service Beri Pelayanan Kesehatan Gratis

IMS May Day Cikarang
IMS May Day Cikarang
CIKARANG_DAKTACOM: Islamic Medical Service (IMS) menyelenggarakan bakti sosial pelayanan kesehatan gratis di tiga tempat, yakni Cikarang, Depok, dan Tangerang. Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) yang jatuh pada setiap 1 Mei.
 
Di Cikarang Bekasi, Jawa Barat, kegiatan IMS dipusatkan di Balai Desa Karang Asih, Cikarang Utara, Ahad (1/5). Pada kesempatan ini, IMS yang merupakan lembaga kesehatan milik ormas Islam Hidayatullah ini menggandeng komunitas Berbagi Nasi Cikarang dan Baitul Maal Hidayatullah (BMH).
 
“Kami kerjasama dengan IMS untuk kedua kalinya. Ya kebetulan bakti sosial ini juga dalam rangka tiga tahun komunitas Berbagi Nasi Cikarang,” terang Jemiar Pardiyono, Koordinator Berbagi Nasi Cikarang saat ditemui di lokasi acara.
 
Sebanyak 500 warga miskin Desa Karang Asih menerima manfaat dari program bakti sosial ini. Selain mendapat pelayanan kesehatan gratis, 400 warga miskin tersebut juga menerima paket bantuan sembako.
 
Jemiar mengaku, sebagian besar anggota Berbagi Nasi Cikarang adalah buruh-buruh pabrik. Kegiatan bakti sosial ini salah satu bentuk kepedulian buruh akan masyarakat miskin.
 
Dalam program ini IMS menurunkan empat dokter dan enam paramedis. Koordinator medis IMS, dokter Endi Samsi Roni mengatakan sebagian besar warga yang diperiksa mengidap darah tinggi dan diabetes.
 
“Darah tinggi dan gula (diabetes) kebanyakan keluhannya. Ya sisanya rematik dan lain-lain,” ujar dokter Endi.
 
Asep Mulyana, Kepala Desa Karang Asih menyambut baik kegiatan bakti sosial ini. “Terima kasih saya ucapkan kepada panitia yang telah memilih desa kami sebagai tempat penyelenggaraan bakti sosial,” ujar Asep.
 
Asep mengatakan, warga desanya yang berjumlah 33 ribu ini kebanyakan memang masih rendah tingkat kesadarannya akan lingkungan sehat. Sehingga kegiatan yang diselenggarakan IMS dan Berbagi Nasi ini sangat bermanfaat.
 
“Bermanfaat bagi warga kami. Apalagi ada konsultasi kesehatan juga,” ujar Asep.
 
Sementara itu di Tangerang, kegiatan pelayanan kesehatan gratis diselengggarakan di Mall Tangerang City, Ahad (1/5). IMS bekerjasama dengan Bank Syariah Mandiri (BSM) menggelar pemeriksaan lab, pemeriksaan gigi, juga cek asam urat, gula darah, dan kolesterol.
 
Di Depok, Jawa Barat, IMS menggelar pelayanan kesehatan gratis di Balaikota Depok, Jumat-Ahad (29 April-1 Mei 2016). Selain dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional, pelayanan kesehatan gratis IMS ini juga memeriahkan HUT Depok ke 17.
 
Ratusan warga Depok dan sekitarnya menerima manfaat dari kegiatan IMS ini. IMS membuka medical cek-up untuk tensi darah, kolesterol, asam urat, dan gula darah.
Editor :
Sumber : Rilis IMS
- Dilihat 2146 Kali
Berita Terkait

0 Comments