Bekasi / Kabupaten /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 15/04/2016 10:51 WIB

Disnaker Kabupaten Bekasi Tak Bisa Paksa Pengusaha Rekrut Warga Lokal

Ilustrasi Pekerja Pabrik 1
Ilustrasi Pekerja Pabrik 1
CIKARANG_DAKTACOM: Dorongan diserapnya tenaga kerja lokal disuarakan oleh berbagai kalangan, hal ini melihat fakta yang ada di lapangan dimana meski Kabupaten Bekasi merupakan kawasan industri namun penduduknya hanya sedikit yang bekerja di perusahaan, dan lebih banyak orang luar daerah.
 
Bahkan, seribuan warga kecamatan Cikarang Pusat sempat melakukan unjuk rasa, karena meski wilayahnya banyak perusahaan namun masyarakat setempat tidak bisa diterima bekerja.
 
Untuk itu perlu adanya aturan hukum yang mengatur mengenai persentase jumlah pekerja lokal bekerja di perusahaan.
 
Namun menurut, Kabid Perluasan Tenaga Kerja Disnaker Kabupaten Bekasi Douglas Siregar pada Kamis (14/4) bahwa pihaknya tidak bisa mengatur mengenai jumlah persentase warga lokal masuk ke perusahaan, tetapi hanya bisa menghimbau saja, apalagi undang-undang juga membebaskan masyarakat untuk bisa bekerja dimana saja.
 
Ia mengakui, perusahaan kerap mengeluhkan kompetensi warga lokal yang masih kurang sehingga tidak bisa menerima mereka bekerja, hal inilah yang menjadi perhatian dinasnya untuk meningkatkan kompetensi masyarakat lokal kedepan.
 
Douglas menambahkan, saat ini pihaknya tengah fokus dalam meningkatkan kompetensi dan disiplin bagi pencari kerja di wilayah Kabupaten Bekasi dengan memberikan pelatihan di balai latihan kerja.
 
"Hal ini penting, karena setiap pencari kerja mesti didukung kompetensi," tegasnya.
 
Reporter : Ardi Mahardika
Editor :
- Dilihat 1729 Kali
Berita Terkait

0 Comments