Internasional / Timur Tengah /
Follow daktacom Like Like
Sabtu, 04/04/2015 12:01 WIB
Perang Yaman

Mujahidin Al Qaeda Kuasai Pelabuhan Mukalla

Peta Yaman
Peta Yaman

ADEN_DAKTACOM: Kota pelabuhan Mukalla di tenggara Yaman kini dikuasai mujahidin Al- Qaeda, dan berhasil mengambil alih basis militer.

Seperti dikutip dari BBC, Al- Qaeda berhasil mengambil alih 2 markas militer pada sore hari tanpa ada pengawasan.

Mukalla adalah ibudkota provinsi terbesar di Yaman, Hadramaut yang merupakan perbatasan dengan Arab Saudi.  Pemerintah Arab Saudi mengatakan operasi mereka adalah untuk melindungi pemerintahan Presiden Hadi.

Hadi menyelamatkan diri ke Arab Saudi pada 25 Maret ketika pasukan militan mulai memasuki Aden. Di saat yang sama, Saudi mulai melakukan serangan udara memborbardir Yaman.

Saudi mengatakan mereka belum berencana menempatkan pasukan darat untuk saat ini. Menurut penasihan Saudi, pemerintah mengerahkan 150 ribu pasukan dan 100 pesawat perang untuk operasi di Yaman.

Sementara pendukung Presiden terdahulu Ali Abdullah Saleh melakukan demonstrasi pada Jumat di ibukota Sanaa. Mereka menolak serangan udara yang dilakukan koalisi Arab.


Loyalis Presiden terguling Yaman Abdrabbuh Mansour Hadi,memukul mundur kelompok pemberontak Houthi dari kota bagian selatan Aden, pada Sabtu (4/4/15).

Sebelumnya dalam sepekan ini, kelompok Houthi berhasil mendesak kubu presiden terguling, hingga mencapai jantung kota Aden dengan tank dan kendaraan bersenjata.

Namun pada Jumat, mereka didesak oleh pasukan loyalis Hadi. Mereka mendapat bantuan senjata udara dan alat komunikasi dari koalisi yang dipimpin Saudi. Saudi juga terus melancarkan serangan udara.**

Editor :
Sumber : Ulil Albab
- Dilihat 2096 Kali
Berita Terkait

0 Comments