Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Jum'at, 08/04/2016 11:30 WIB

Pengamat Pendidikan: UNBK Masih Perlu Perbaikan

Ilustrasi pelaksanaan UNBK
Ilustrasi pelaksanaan UNBK
BEKASI_DAKTACOM: Paska pelaksanaan Ujian Nasional, masyarakat banyak menyoroti masalah seputar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilaporkan banyak mengalami kendala.
 
Dalam tinjauan Dirgantara Wicaksana selaku pengamat pendidikan, banyaknya kendala di seputar pelaksanaan UNBK ini disebabkan ketidaksiapan pemerintah dalam membangun infrastruktur yang terpadu.
 
"Mungkin jika di kota-kota besar, UNBK tidak begitu banyak bermasalah, tapi di daerah lain, masalah teknis sangat mengganggu berlangsungnya proses ujian," jelasnya kepada Radio Dakta, Jum'at (8/4).
 
Belum lagi, lanjutnya, terkait permasalahan jumlah murid yang sangat banyak berbanding terbalik dengan jumlah komputer yang ada di satu sekolah.
 
"Keterbatasan anggaran menjadi kendala tersendiri dalam pelaksanaan UNBK yang menyeluruh," paparnya.
 
Selain itu dirinya juga mengkritisi kualitas soal yang dipakai dalam ujian nasional, menurut Dirga, walau lembar ujian dibuat dengan pertanyaan berbeda, sejatinya hanya soalnya saja yang diacak.
 
Sehingga kemungkinan bocor masih sangat besar, apalagi di sekolah yang menggunakan sistem shift dalam pelaksanaan ujiannya.
Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 2090 Kali
Berita Terkait

0 Comments