Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Rabu, 16/03/2016 09:26 WIB
Ulang Tahun PPNI ke-42

Keperawatan, Sumber Utama Pembentukan Sistem Kesehatan Handal Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN

Logo Persatuan Perawat Nasional Indonesia
Logo Persatuan Perawat Nasional Indonesia

JAKARTA_DAKTACOM: PERSATUAN PERAWAT NASIONAL INDONESIA (PPNI) merupakan organisasi profesi Perawat, wadah yang menghimpun Perawat secara nasional. Organisasi berbadan hukum yang kini pada 17 Maret 2016 tepat berusia 42 tahun tersebut, semakin konsisten pada tujuannya meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, martabat, dan etika profesi Perawat, mempersatukan dan memberdayakannya dalam rangka menunjang pembangunan kesehatan nasional sesuai dengan yang diamanatkan dalam Undang-undang No. 38 Tahun 2014 tentang Keperawatan.

Dalam pembanguan nasional, Presiden telah merumuskan 9 agenda prioritas yang dikenal sebagai Nawa Cita pembanguan nasional, dimana salah satu prioritasnya berfokus pada Peningkatan Kualitas Hidup Manusia dan Kesejahteraan Masyarakat, yang dikemas dalam Program Indonesia Sehat, yang akan diwujudkan melalui Paradigm Sehat, Penguatan Pelayanan Kesehatan, dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dalam konteks Nawa Cita ini, PPNI terus memainkan peranannya melalui kerja nyata dalam melayani masyarakat, baik secara kelembagaan diberbagai tingkatan, mulai dari tingkat pusat hingga di tingkat komisariat, maupun melalui anggotanya yang tersebar diseluruh Indonesia, yang jumlahnya tidak kurang dari 900 ribu Perawat.

Kerja nyata PPNI ditujukan baik ke dalam diri organisasi maupun ke luar yakni masyarakat Indonesia pada umumnya. Kerja nyata dimaksud antara lain melalui peningkatan kinerja organisasi dalam bentuk penyusunan berbagai peraturan organisasi menuju moderenitas, keberlanjutan kepemimpinan (musyawarah) disemua tingkatan, dan membangun jejaring kerjasama dengan berbagai pihak, turut aktif terlibat dalam  perumusan Undang-undang Nomor 38 tahun 2014 tentang Keperawatan hingga diundangkannya, dan dalam merumsukan kebijakan pembangunan kesehatan nasional lainnya. Sedangkan kerja nyata yang langsung dirasakan oleh masyarakat antara lain Perawat hadir disetiap tatanan pelayanan dimana salah satu bentuknya adalah Gerakan Perawat Mendukung Masyarakat Indonesia Sehat. Berbagai aksi bakti sosial seperti penyuluhan, dan lomba kesehatan, pembentukan dan pembinaan posyandu, posbindu, pembinaan rumah sehat dan desa sehat, serta berperan aktif mensukseskan program 1000 hari pertama kehidupan.

Dalam kegiatan HUT PPNI ke-42 ini, juga dilakukan apel bendera yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Terhadap seluruh Perawat Indonesia, PPNI senantiasa mendorong peningkatan kompetensi dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan, sekaligus menjawab kompetisi pada era diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (RA)

Editor : Dakta Administrator
Sumber : Rilis PPNI
- Dilihat 3129 Kali
Berita Terkait

0 Comments