Agenda Publik /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 15/03/2016 15:15 WIB
“Berfilsafat, Berbelanja, Berekreasi”

INSISTS Gelar Kuliah Filsafat di Bandung

Filsafat brosur 1
Filsafat brosur 1
JAKARTA_DAKTACOM: Sejak mendapatkan amanah sebagai Direktur Eksekutif INSISTS,  intelektual muda Dr. Syamsuddin Arif terus aktif membangun tradisi pemikiran Islam melalui tulisan-tulisan dan serial kuliahnya.  
 
Awal Maret 2016 ini, INSISTS meluncurkan buku terbaru, Islamic Science, juga Jurnal Islamia edisi terakhir yang membahas tema LGBT dan Psikologi Islam.
 
Pada April 2016, Dr. Syams – panggilan akrabnya – akan menggelar serial kuliah (10 sesi, @ 2 jam) tentang Filsafat Barat dan Filsafat Islam. Acara ini bertajuk “Lectures and Conversations on Western Philosophy and Islamic Philosophy”.  
 
Kuliah Filsafat ini merupakan hasil Kerjasama INSISTS  dan PIMPIN (Insitut Pemikirn Islam dan Pembangunan Insan) Bandung., yang didukung  oleh Radio Jazz KLCBS 100,4 FM dan Harian Republika.  
 
Acara Bandung, 9-10 & 23-24 April 2016. Hotel NEO Dipatiukur, Jl. Dipatiukur No. 72 – 74 Bandung
 
Dr. Syams menjelaskan, “Why Philosophy?.... Islamic intellectual culture seems to suffer from a philosophy deficit. While there are a few philosophers in the Muslim World today, none of them enjoys the rock star status that many pedestrian preachers and YouTube stalwarts enjoy. What this tells us is that people are beginning to value knowledge but are unable to distinguish between preaching and thinking. What we need today are critical thinkers who force Muslims to think and not ‘feel-good’ narratives that create comfort bubbles and inhibit thought. It is only through engaging in philosophical discourses will the intellectual level of the Muslim community rise.”
 
Filsafat itu mudah dan perlu. Asalkan dipahami dengan metode yang benar dan disampaikan pada orang yang tepat, filsafat akan memberikan manfaat pembentukan pola pikir yang benar dan mendasar. 
 
“Bukan hanya filosof yang bisa berpikir. InsyaAllah setelah ikut kuliah flsafat ini, kita akan bisa berpikir. Now everyone can think,” kata Dr. Syams. 
 
Dalam serial kuliah ini akan dikaji pemikiran-pemikiran penting dari para filosof dunia, mulai Plato,  Aristotle, Plotinus, Descartes,  Kant,  al-Farabi, Avicenna, al-Ghazali, al-Razi, dan sebagainya.  Selama kuliah, insyaAllah, Dr Syams akan didampingi oleh Dr. Adian Husaini, yang sempat belajar Greek Philosophy pada Prof. Paul Lettinck, asal Belanda.
Editor :
Sumber : Rilis INSISTS
- Dilihat 3969 Kali
Berita Terkait

0 Comments