Nasional / Pendidikan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 14/03/2016 12:30 WIB

Menag Sampaikan Pesan untuk Siswa Madrasah Peserta UAMBN

Menag Lukman Hakim Saefuddin 1
Menag Lukman Hakim Saefuddin 1
JAKARTA_DAKTACOM: Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengucapkan selamat kepada siswa Madrasah Aliyah (MA) di seluruh Tanah Air yang mengikuti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN). 
 
Menag berharap para siswa mampu mengikuti ujian dengan baik dan terus giat belajar.
 
“Selamat kepada segenap siswa madrasah di seluruh Tanah Air yang sedang mengikuti Ujian Akhir Madrasah Bertaraf Nasional. Semoga mampu mengatasi ujian dengan baik,” demikian disampaikan Menag melalui pesan singkat, Senin (14/03). 
 
Menag yang saat ini sedang melakukan kunjungan kerja ke Arab Saudi terkait persiapan pelaksanaan ibadah haji 1437H/2016M mengatakan,  ujian merupakan momentum untuk lebih mengenali kemampuan diri. 
 
Karenanya, kejujuran dalam menjalani ujian harus dikedepankan. Menurut Menag, sudah semestinya moment ujian dihadapi dengan  semangat untuk lebih giat belajar. 
 
“Kita juga menjadi banyak belajar justru setelah banyak menghadapi ujian,” kata Menag.
 
Sebanyak 410.531 siswa Madrasah Aliyah akan mengikuti Ujian Akhir Madrasah Berstandard Nasional (UAMBN) mulai Senin (14/03). UAMBN ini akan berlangsung selama tiga hari sampai dengan Rabu (16/03) mendatang.
 
Adapun mata pelajaran yang diujikan ada lima yang merupakan pelajaran ciri khas madrasah, yaitu: Al-Qur’an Hadits, Akidah Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), dan Bahasa Arab. 
 
Khusus untuk siswa MA dengan peminatan keagamaan, ujiannya  akan difokuskan pada pelajaran Ilmu Kalam, Akhlak Tasawwuf, SKI, dan Bahasa Arab.
 
Direktur Pendidikan Madrasah M. Nur Kholis Setiawan mengatakan bahwa UAMBN bertujuan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang Madrasah Aliyah. 
 
“UAMBN diharapkan berfungsi sebagai bahan pertimbangan dalam pemetaan mutu madrasah, umpan balik perbaikan program pembelajaran, dan alat pengendali mutu pendidikan,” terang M. Nur Kholis.
Editor : Azeza Ibrahim
Sumber : kemenag.go.id
- Dilihat 1096 Kali
Berita Terkait

0 Comments