Nasional / Kesehatan /
Follow daktacom Like Like
Senin, 07/03/2016 11:32 WIB

Kemenkes Bantah PIN Polio Gunakan Vaksin dari Babi

Ilustrasi Pemberian Vaksin Polio
Ilustrasi Pemberian Vaksin Polio
JAKARTA_DAKTACOM: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyatakan pada Sabtu (5/3) bahwa dalam Pekan Imunisasi Nasional, vaksin polio yang digunakan tidak mengandung unsur babi di dalamnya.
 
Dalam keterangan yang dimuat di situs depkes.go.id, pihak Kemenkes menyatakan bahwa bungkus vaksin polio yang mencantumkan bahan bersumber babi adalah vaksin polio suntik. Sedangkan yang digunakan pada Pekan Imunisasi Nasional 2016 adalah Vaksin Tetes.
 
Sedangkan PIN Polio 2016 menggunakan vaksin dengan bungkus bertuliskan Oral Polio Vaccine produksi Biofarma. Tidak ada tulisan apapun terkait bahan bersumber babi.
 
Selain itu Majelis Ulama Indonesia (MUI) secara resmi telah mendukung program imunisasi di Indonesia, termasuk PIN Polio 2016 sebagaimana tercantum dalam fatwa MUI Nomer 4 Tahun 2016 tentang Imunisasi yang ditetapkan pada 23 Januari 2016.
 
Maka dari itu Pemerintah menghimbau kepada masyarakat Indonesia agar membawa anak-anaknya usia 0 sd 59 bulan ke Pos PIN terdekat pada tanggal 8-15 Maret 2016. PIN Polio 2016 bertujuan mencegah anak-anak Indonesia tertular virus Polio. Dengan imunisasi polio masyarakat akan mendapatkan kekebalan yang tinggi sehingga dapat mempertahankan status Indonesia Bebas Polio.
Editor :
Sumber : depkes.go.id
- Dilihat 2411 Kali
Berita Terkait

0 Comments