Bekasi / Kota /
Follow daktacom Like Like
Kamis, 03/03/2016 11:20 WIB

Patriot Operation Center Wujud Konsistensi Kota Bekasi Wujudkan Smart City

Soft Launching Patriot Operation Center
Soft Launching Patriot Operation Center

BEKASI_DAKTACOM: Salah satu tahap Bekasi Smart City adalah peluncuran Patriot Operation Center (POC) yang berada dibawah pantauan Walikota sebagai pengambil kebijakan di wilayah setempat secara on line dan real time.

 

"Direncanakan semua layanan terutama layanan dasar seperti masalah persampahan, kesehatan dan semua kebutuhan publik lainya," Ungkap Erwin Guwinda pelaksana Smart City dari Dinas Tata Kota Bekasi.

 

Menurutnya, Walikota Bekasi dapat langsung memberikan perintah kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk melakukan tindakan awal jika ditemukan suatu persoalan di lapangan.

Manfaat lain dari POC adalah peningkatan pelayanan publik sehingga semakin cepat terlayani.

"Misalnya ada penumpukan sampah, dengan pemantauan POC, maka Wali bisa langsung perintah untuk camat lurah atau dinas terkait melakukan pengangkutan," Ujarnya kepada Radio Dakta, Kamis (3/3) di pendopo Kantor Pemkot Bekasi.

 

Intinya dengan program Smart City layanan cepat di pantau dengan POC. Kegiatan atau monitoring POC juga dibantu pihak yang terlibat seperti Telkomsel, Smart Parkir dan dukungan seluruh SKPD.

 

Budi Hartono direktur urusan parkir meter mengatakan dengan teknologi Smart City akan di kembangkan program baru yaitu Parkir Mobile berupa kartu pintar yang juga dapat di gunakan sebagai pembayaran listrik, tagihan Bank, bahkan BPJS.

 

"Saat ini masih di Galaxi, Alun-alun dan Juanda yang dilakukan kebijakan parkir meter, namun sudah dapat meningkatkan PAD sampai lebih dari 300 persen di titik tersebut," Katanya.

 

Pihaknya berharap peran swasta agar pemkot bekasi berhasil menjalankan program Smart City.

 

Editor :
Sumber : Radio Dakta
- Dilihat 1933 Kali
Berita Terkait

0 Comments