Nasional / Sosial /
Follow daktacom Like Like
Selasa, 23/02/2016 09:30 WIB

Ponpes Hidayatullah Kota Bogor Gelar Pengobatan DBD Gratis

Pengobatan Gratis Hidayatullah Bogor
Pengobatan Gratis Hidayatullah Bogor
BOGOR_DAKTACOM: Memasuki musim penghujan tentu banyak bermunculan wabah penyakit. Seperti wabah demam berdarah dengue (DBD) misalnya.
 
Di beberapa wilayah Jabodetabek angka penderita DBD semakin meningkat. Di daerah Kemang, Jampang Bogor, Jawa Barat ada satu RT yang 20 warganya terjangkit demam berdarah.
 
Tanggap terhadap wabah demam berdarah dan penyakit-penyakit musim hujan lainnya, Pesantren Hidayatullah Kota Bogor yang berlokasi di Kemang, Jampang mengadakan penyuluhan dan pengobatan gratis bagi santri dan warga sekitar.
 
Kegiatan sosial yang merupakan kedua kalinya ini berlangsung pada Ahad (21/2) di lingkungan Pesantren Hidayatullah Kota Bogor.
 
“Di lingkungan RT sini sudah ada 20 orang dinyatakan terjangkit DBD. Semoga pasien tidak bertambah dan dengan adanya kegiatan ini keluhan-keluhan warga segera tertangani,” ujar Endin Syaifuddin, Ketua RT setempat.
 
Sanusi (45 tahun) yang mewakili warga, memberikan apresiasi terselenggaranya kegiatan ini.
 
“Sudah beberapa hari ini saya merasakan badan tidak enak, makan tidak enak, semua serba tidak enak. Mungkin karena cuaca juga. Mau berobat juga enggan karena harus pergi jauh, tapi alhamdulillah di sini ada pengobatan gratis,” ujar Sanusi.
 
Ustaz Jaelani, Pempinan Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Bogor kepada santri dan warga sekitar berpesan tentang pentingnya keseimbangan dalam pengobatan.
 
“Selain kita berobat secara medis maupun dengan thibbun nabawi, kita juga harus kembali kepada pedoman hidup kita yaitu al-Qur`an. Dengan al-Qur`an jiwa, fikiran, dan hati kita bisa menjadi tenang dan itulah obat. Ketika susah dan senang, ketika sakit maupun sehat jangan sekali-kali kita mengabaikan al-Qur’an,” kata Ustaz Jaelani.
 
Pada pengobatan ini jumlah pasien 115 orang, meliputi orangtua, remaja, dan anak-anak. Menurut Dokter Martwin selaku ketua tim medis Islamic Medical Service (IMS) keluhan warga rata-rata darah tinggi, flu, maag, reumatik, dan gatal-gatal.
 
Selanjutnya untuk wabah demam berdarah, Dokter Martwin mengimbau kepada warga untuk menjaga kesehatan dan kebersihan dengan melakukan fogging (pengasapan) sehingga jentik-jentik nyamuk tidak meluas.
 
Penyuluhan dan pengobatan gratis ini diprakarsai oleh DPD Hidayatullah Kota Bogor bekerjasama dengan IMS dan dukung oleh PW Hidayatullah Jabotabek, Majalah Suara Hidayatullah dan Baitul Maal Hidayatullah (BMH).
Editor :
Sumber : Rilis Ponpes Hidayatullah
- Dilihat 1607 Kali
Berita Terkait

0 Comments